Kapolres Lamteng: Pelaku 3C Rata-Rata Dipengaruhi Narkoba

  • Whatsapp
Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto Sunggoro

Medialampung.co.id. – Tingkat kriminalitas 3C (curat, curas, dan curanmor) di Lampung Tengah cukup tinggi. Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto Sunggoro menilai hal ini disebabkan pengaruh narkoba.

“Masalah keamanan di Lamteng terkait tingkat kriminalitas memang bisa dibilang cukup tinggi. Berdasarkan kajian dan penelitian, pelaku kejahatan 3C didominasi di bawah pengaruh narkoba. Kalau secara ekonomi pelaku kejahatan rata-rata cukup baik. Nggak miskin-miskin banget,” katanya.

Bacaan Lainnya

Masalah narkoba ini, kata Popon, harus diberantas bersama-sama. “Kita sama-sama berantas narkoba. Semua pihak harus berperan aktif. Kita juga sudah bekerja sama dengan Badan Narkotika Kabupaten untuk memberantasnya,” tegasnya.

Ditanya pelaksanaan program Promoter (Profesional, Modern, dan Terpercaya) Polri di Polres Lamteng, Popon menyatakan sejak awal menjabat Kapolres langsung membuat visi-misi dengan jargon Polres Lamteng PAS.

“Sejak awal ditugaskan di Polres Lamteng, saya sudah langsung membuat visi-misi dengan jargon Polres Lamteng PAS atau Promoter, Amanah, dan Solid. Kita berusaha semaksimal mungkin memberi pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Terkait ada stigma bahwa Lamteng merupakan daerah yang keras karena beberapa kali terjadi konflik horizontal, Popon menilai tidak. “Pada saat saya masuk sini, memang betul anggaplah Lamteng bisa dibilang keras. Tapi, sebetulnya tidak. Hanya permasalahan-permasalahan yang selama ini mungkin kurang sentuhan. Sentuhan dari segi pendekatan hukum maupun dari pemerintah daerah itu sendiri. Untuk menjaga suasana Lamteng agar tetap damai, sejuk, dan kondusif, bersama Forkopimda selalu tetap berkoordinasi. Membahas jalan keluar dan jalan terbaik agar Lamteng ke depannya tidak ada lagi konflik horizontal seperti yang selama ini sering terjadi. Mengingat masyarakat Lamteng ini memang sangat heterogen,” ungkapnya. (sya/mlo)


Pos terkait