Kapolsek Balikbukit Pimpin Patroli di Sejumlah Titik Rawan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk menekan aksi kriminalitas salah satunya Pencurian Kendaran Bermotor (Curamor). Polsek Balikbukit, kabupaten Lampung Barat melaksanakan patroli dialogis untuk memantau sejumlah titik rawan di wilayah hukum polsek setempat.

Kapolsek Balikbukit Iptu Samsul Bahri, S.H., mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi S.Ik, M.H., menjelaskan, patrol dialogis tersebut dilakukan untuk memantau sejumlah pusat perbelanjaan, perbankan hingga aktivitas masyarakat di malam hari seperti pelaksanaan sistem keamanan lingkungan.

Bacaan Lainnya

“Pemantauan di sejumlah titik daerah rawan ini sebagai langkah preventif (pencegahan) untuk meminimalisir aksi kejahatan di wilayah hukum Polsek Balikbukit,” ungkap Samsul.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa menyikapi aksi kriminalitas yang beberapa waktu belaknagan terjadi di wilayah hukum polsek setempat pihaknya telah menginstruksikan seluruh anggota Bhabinkamtibmas agar tidak bosan-bosannya memberikan imbauan ke masyarakat untuk tidak memarkirkan kendaraan bermotor sembarangan atau di tempat yang jauh dari pengawasan.

“Untuk menekan aksi curanmor setiap warga yang memiliki kendaraan kita imbau agar memasang kunci ganda, karena setidaknya dapat mengurungkan niat pelaku untuk beraksi,” katanya.

Selain itu, perwira dengan dua balok di puncaknya itu juga mengaku telah memasang sejumlah spanduk dan stiker berupa pesan imbauan kamtibmas di tempat rawan seperti minimarket dan parkiran motor.

“Keterbatasan jumlah personil dalam melakukan pengamanan wilayah tidak menjadi suatu hambatan jika masyarakat dapat ikut membantu dalam menjaga keamanan di lingkungan masing-masing,” tambahnya.

Selain itu, kata dia personil piket juga selama 24 jam akan melakukan patroli di jam rawan antisipasi gangguan kamtibmas kejahatan jalanan dan konvensional termasuk curanmor.

“Bagi pemilik usaha pertokoan kita minta sebaiknya memasang alat rekaman CCTV sebagai bentuk antisipasi kejahatan tidak diharapkan namun jika terjadi dapat mempermudah dalam pengungkapan,” pungkasnya.(edi/mlo)


Pos terkait