Kasubbag Perencanaan Se-Lambar Ikuti Pelatihan PPRG 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  –  Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lambar menggelar pelatihan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender (PPRG) untuk Kasubbag Perencanaan OPD se-Kabupaten Lambar tahun 2020 di Aula Pakuwon Bappeda, Kamis (17/9).

Dalam sambutannya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Wasisno Sembiring, S.E, M.P mengungkapkan, pengarusutamaan gender (PUG) adalah suatu strategi untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan gender (KKG) melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalamanan aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan. 

Bacaan Lainnya

Kata Wasis, strategi PUG dilaksanakan melalui PPRG berdasarkan surat edaran bersama (SEB) Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak No.270/M.PPN/11/2012, SE-46/MPP-PA/11/2011 tentang strategi nasional (Stranas) PUG melalui PPRG. Dengan demikian PPRG dilakukan melalui perencanaan responsif gender dan penganggaran responsif gender.  

Lanjut dia, perencanaan responsif gender dilakukan untuk menjamin keadilan dan kesetaraan bagi perempuan dan laki laki dalam hal akses, partisipasi kontrol dan memanfaatkan pembangunan dengan melakukan analisis gender.

“Melalui strategi nasional percepatan PUG yaitu PPRG, saya berharap secepatnya tercipta dan dapat meningkatkan komitmen pemerintah akan pentingnya perencanaan dan penganggaran dengan mempertimbangkan  aspek gender, sehingga akan terwujud pembangunan yang berkeadilan baik terhadap laki-laki maupun perempuan di Kabupaten Lambar,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan PPRG yang juga Kabid Pemberdayaan Perempuan (PP) DP2KBP3A Kabupaten Lambar Iramaza, S.E, M.M mengungkapkan, tujuan dilaksanakanya pelatihan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan Kasubbag Perencanaan OPD se-Kabupaten Lambar tentang gender dan PPRG. Sedangkan narasumber berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung dengan materi pelatihan yaitu strategi pelaksanaan PUG melalui PPRG dan analisis gender.  

“Hasil yang diharapkan setelah dilakukannya pelatihan PPRG ini dapat meningkatkan pengetahuan Kasubbag Perencanaan OPD tentang pelaksanaan PUG melalui PPRG dan penyusunan Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS),” pungkas Iramaza. (lus/mlo)


Pos terkait