Kasus Covid-19 Meningkat, Pengunjung Taman Kota Liwa Abaikan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meski angka kasus penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Lampung Barat cenderung meningkat, namun kesadaran masyarakat untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan nampaknya masih perlu ditingkatkan terutama para pengunjung kawasan Taman Kota Liwa, di Kelurahan Pasarliwa, Kecamatan Balikbukit.

Dilokasi tersebut tampak kegiatan berkerumun saat sore hari masih saja ditemukan, selain itu beberapa para pengunjung pun terlihat tidak mengenakan masker sehingga aktivitas tersebut berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.  

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal tersebut, Camat Balikbukit Drs Akmal Hakim mengaku pihaknya bersama tim gugus tugas penanganan Covid-19 dan aparatur kelurahan sebelumnya telah turun melakukan penertiban di lokasi tersebut, hanya saja kesadaran pengunjung untuk patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan masih dinilai kurang.

“Kami sudah turun melakukan penertiban, awalnya penegakan disiplin kita lakukan di kawasan taman hamtebiu dan itu berhasil sehingga tidak ada lagi pengunjung yang sebagian besar kalangan remaja berkumpul di lokasi tersebut, selanjutnya penertiban kami lakukan di taman kota,” jelas Akmal.  

Hanya saja, lanjut dia, terkait masih adanya kegiatan berkerumun dan adanya pengunjung yang tidak mengenakan masker di lokasi tersebut ia menyebut bahwa pengunjung disiplin ketika ada petugas.

“Ya memang kadang mereka disiplin karena ada petugas saja, karena ketika kami turun melakukan penertiban mereka yang kedapatan melanggar bukan karena tidak membawa masker, melainkan maskernya tidak digunakan atau ditaruh di saku baju dan celananya saja. Ketika kita ingatkan baru dipakai,” beber Akmal.  

Kendati begitu, pihaknya memastikan  akan terus melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan bahkan terkait pihaknya akan menempatkan petugas untuk memantau aktivitas warga di taman kota tersebut terutama saat sore hari.

“Ya tentu kami akan meningkatkan pemantauan dan pengawasan terutama di lokasi tersebut, namun kami berharap masyarakat dapat menyadari sepenuhnya bahwa kedisiplinanlah yang akan menghindarkan kita dari wabah ini, patuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, rajin mencuci tangan serta menghindari kerumunan,” pungkasnya.(edi/mlo)


Pos terkait