Kasus Kejahatan Meningkat, Masyarakat Mulai Resah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat di sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Lampung Barat mulai merasa resah seiring dengan meningkatnya sejumlah aksi kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polres setempat.

Pasalnya, sejak sebulan terakhir berbagai aksi kriminalitas terjadi, mulai dari Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) baik kendaraan roda dua (R2) maupun Kendaraan Roda Empat (R4), percobaan aksi perampokan koperasi dan terakhir percobaan pencongkelan mesin ATM. Persoalan meningkatnya aksi kriminalitas itu pun tengah menjadi perbincangan masyarakat mulai dari warung kopi, hingga di berbagai kalangan Media.

Bacaan Lainnya



Dedi Irawan salah seorang warga Kecamatan Balikbukit me­ngaku prihatin melihat kondisi Lambar yang sedang marak terjadi aksi ke­jahatan. Apalagi sejumlah kasus terakhir, para pelakunya terbilang nekat, mulai dari melakukan aksi percobaan perampokan dan pencongkelan mesin ATM di siang bolong

 “Saya melihat pelaku kejahatan begitu bebas menjalankan aksinya. Kenapa ini bisa terjadi. Ini tidak boleh dibiarkan karena dapat menimbulkan kor­ban-korban berikutnya. Pihak kepo­lisian harus bertindak cepat karena kondisi sekarang sudah mengancam ke­amanan warga Lambar,” ungkap Dedi Irawan.

Menurutnya, kejadian ter­sebut telah menyisakan rasa keta­kutan ditengah masyarakat terhadap kondisi keamanan di Lambar, untuk itu pihaknya berharap ini menjadi fokus bagi aparat kepolisian untuk dapat mengungkap setiap sindikat pelaku keja­hatan tersebut .

“Banyak warga bercerita kepada saya tentang rasa ketakutan mereka dengan berbagai aksi kriminilatas yang terjadi. Jangankan o­rang lain, saya sendiri juga was-was,” akunya.

Menyikapi hal tersebut, Kasat Reskrim AKP. Made Silpa Yudiawan mendampingi Kapolres AKBP Doni Wahyudi, S.Ik., tidak menampik kondisi itu, sehingga pihaknya berharap kepada masyarakat agar jika melihat atau mengetahui aksi tindak pidana jangan ragu untuk melapor kepihak kepolisian sesegera mungkin karena kini masyarakat telah dipermudah untuk memberikan laporan awal.

“Kalau disebut marak tentu tidak, hanya saja ada peningkatan. Untuk menekan tindak kriminalitas di Lambar tentu kami membutuhkan peran serta masyarakat untuk segera melapor dan yang penting masyarakat memiliki Nomor anggota Kepolisian baik di jajaran polsek Maupun Jajran Polres Lambar ,” ungkap Made.

Sebab, kata dia, hal itu juga dilakukan untuk membatasi ruang gerak pelaku dan mempermudah aparat kepolisian melakukan penyekatan jalur yang akan dilalui oleh pelaku.

“Untuk masyarakat saya selaku Kasat Reskrim Menghimbau agar Tetap Waspada karena kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat namun karena adanya kesempatan dan kelengahan kita yang membuat ruang bagi pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya,” tegasnya.(edi/mlo)



Pos terkait