Kasus Positif Covid-19 di Pesbar Bertambah Dua, Berikut Kronologinya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mengumumkan dua warga dinyatakan positif terpapar Coronavirus Disease (Covid-19) berdasarkan hasil swab PCR yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Kadis Kesehatan Pesbar, Tedi Zadmiko, mengatakan bahwa ada tiga warga yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, satu diantaranya dinyatakan negatif Covid-19 yaitu MA (18) warga Pekon Negeriratu Ngambur, Kecamatan Ngambur. Hal tersebut berdasarkan hasil swab PCR yang keluar pada Rabu (3/6) kemarin. 

Bacaan Lainnya



“Sementara itu berdasarkan hasil swab itu juga dua warga lainnya dinyatakan positif terpapar Covid-19,” ungkapnya. 

Lanjutnya, tambahan dua warga yang dinyatakan positif tersebut merupakan orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 sebelumnya, yang berasal dari Kecamatan Waykrui dan Pesisir Selatan.

“Tambahan dua warga yang dinyatakan positif itu yakni teman dari FP (13) warga Pekon Ulukrui Kecamatan Waykrui dan kakak kandung AR (19) warga Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan. FP dan AR merupakan santri Pondok Pesantren Temboro, Provinsi Jawa Timur, yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, dengan demikian jumlah positif Covid-19 di Pesbar saat ini sebanyak empat orang, sedangkan satu orang dinyatakan negatif atau sembuh,” terangnya. 

Sebelumnya pihaknya melakukan rapid test terhadap 81 orang yang diduga melakukan kontak langsung dengan tiga orang positif Covid-19. Hasilnya, delapan orang mengarah ke reaktif. “Dan setelah dilakukan swab dari delapan orang tersebut, dua diantaranya dinyatakan positif,” ujarnya. 

Ditambahkannya, saat ini empat orang positif Covid-19 berikut dengan keluarganya sudah diminta untuk melakukan isolasi mandiri secara patuh.

“Kami juga sudah meminta tim gugus tugas baik kecamatan maupun pekon untuk melakukan pemantauan secara ketat,” tutupnya. (ygi/mlo)



Pos terkait