Kasus Positif Covid-19 Pesbar Bertambah Dua

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satuan Tugas (Satgas), penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) , kembali merilis pembaharuan data terbaru terkait jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di kabupaten setempat. Dimana terdapat penambahan dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19. 

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pesbar, Tedi Zadmiko, S. Km., mengatakan penambahan dua kasus baru itu diketahui berdasarkan rilis Pemprov Lampung pada Rabu (2/12). Setelah sebelumnya Dinkes Pesbar melakukan swab PCR pada kedua pasien. 

Bacaan Lainnya

“Swab PCR kita lakukan pada keduanya di akhir November lalu, dan hasilnya baru kita ketahui pada Rabu lalu, jadi total terkonfirmasi positif yang menjalani isolasi sekarang ini ada empat orang,” kata dia. 

Dijelaskannya, satu pasien baru konfirmasi positif Covid-19 merupakan hasil tracing yang dilakukan pada salah satu pasien sebelumnya, dimana saat ini yang bersangkutan telah menjalani isolasi mandiri karena termasuk dalam orang tanpa gejala. 

“Sedangkan satu pasien lainnya juga menjalani isolasi mandiri. Sebelumnya sempat ke Bandar Lampung, namun mengeluhkan hilangnya indera penciuman sehingga melakukan pemeriksaan ke dokter umum dan Puskesmas Krui, setelah konsultasi dilakukan rapid test, karena hasilnya reaktif maka dilakukan swab test dan hasilnya positif,” jelasnya. 

Kemudian, selain dua kasus baru yang menjalani isolasi mandiri, hingga kini masih terdapat dua pasien lainnya, satu menjalani isolasi mandiri dirumah dan satu lagi menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Alimudin Umar, Lampung Barat. 

“Total ada empat orang yang menjalani isolasi karena terkonfirmasi positif Covid-19, tiga orang menjalani isolasi mandiri dan satu orang lainnya menjalani perawatan di rumah sakit,” terangnya.

Untuk mencegah penularan wabah tersebut, pihaknya tidak pernah bosan menyampaikan imbauan ke masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak dan tidak menimbulkan kerumunan.

“Sampai sekarang salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah melalui penerapan protokol kesehatan, jadi kita berharap jangan sampai masyarakat mengabaikan protokol kesehatan,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

Pos terkait