Kawanan Gajah Rusak Perkebunan dan Dekati Pemukiman Warga

  • Whatsapp
Perkebunan warga yang dirusak kawanan gajah

Medialampung.co.id – Kawanan gajah dari TNBBS  memasuki areal perkebunan dan pemukiman warga di Talang Bijak dan Teluk Tuba, Pekon Kagungan, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat.

Akibatnya, sejumlah tanaman di perkebunan warga rusak. Namun terpantau hingga Sabtu (11/7), hewan berbelalai tersebut telah berhasil dihalau warga dan aparat pekon setempat, sehingga mulai menjauhi pemukiman.

Bacaan Lainnya



Peratin Kagungan, Ali Rahman mengatakan, kawanan gajah yang diperkirakan berjumlah  empat ekor tersebut memasuki perkebunan dan pemukiman pada Jumat malam sekitar pukul 23:00 WIB. Hewan-hewan ini merusak sejumlah tanaman seperti jagung, pepaya dan pisang.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, Warga di dua pemangku sempat mengungsi, tapi terpantau hingga siang ini warga yang berjaga di lokasi memastikan gajah tersebut sudah menjauhi perkebunan dan masuk kembali ke kawasan TNBBS,” terangnya.

Kendati begitu, terkait dengan kerusakan sejumlah tanaman, warga mengaku pasrah. Namun mereka tetap berharap petugas terkait dapat segera turun untuk menghalau kawanan gajah tersebut tidak merusak rumah. Apalagi sampai ada korban jiwa.

Kotoran gajah yang ditemukan di sekitar perkebunan warga

“Sejauh ini warga masih berjaga-jaga di lokasi. Semoga kawanan gajah itu betul-betul sudah kembali lagi ke habitatnya. Kalau soal tanaman ya mau gimana lagi yang penting tidak masuk dan merusak pemukiman,” imbuhnya.

Sementara, Kanit Polhut KPH 2 Liwa Drs. Bambang Irawan mengatakan, pihaknya  telah berkoordinasi dengan petugas BKSDA, sehingga untuk sementara warga diminta mengungsi guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan.

“Sudah kami koordinasikan ke BKSDA dan mereka akan segera turun ke lokasi, dan kepada warga yang berada dilokasi kami imbau untuk berhati-hati,” kata dia.(edi/mlo)



Pos terkait