KBM Kembali Daring, PTM di Sekolah Tidak Diperkenankan

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/KB/TK), Pendidikan Dasar (SD/SMP), dan Pendidikan Masyarakat (PKBM) tidak diperkenankan melaksanakan KBM dengan moda Pertemuan Tatap Muka (PTM) di sekolah.

Hal itu berdasarkan surat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Nomor : 420/1260/IV.01/2021 tanggal 28 Juli 2021, perihal KBM pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Bacaan Lainnya

Plt. Kadisdikbud Pesbar, Sudibyo, S.E., mengatakan KBM yang kembali tidak diperkenankan secara tatap muka atau PTM di Kabupaten Pesbar itu juga berdasarkan instruksi Gubernur Lampung No.11/2021 tanggal 26 Juli 2021 tentang PPKM pada kriteria level 3 serta mengoptimalkan posko penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung.

“Sehingga dalam rangka mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada satuan pendidikan, maka KBM dengan moda PTM di sekolah tidak diperkenankan,” katanya, Kamis (29/7).

Dikatakannya, peserta didik Belajar Dari Rumah (BDR), dengan begitu KBM dapat dilaksanakan secara dalam jaringan (daring/online) atau sesuai kemampuan dan kondisi satuan pendidikan seperti luar jaringan (luring/offline). Ketentuan KBM secara BDR itu mulai berlaku sejak diterbitkannya surat tersebut hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

“Hari ini sebagian sekolah masih ada yang melakukan PTM, tapi hanya sebentar karena sekaligus untuk pemberitahuan siswa terkait KBM secara PTM yang sementara ini tidak diperkenankan,” jelasnya.

Ditambahkannya, Disdikbud Pesbar juga kembali mengingatkan kepada seluruh pengawas sekolah untuk tetap memaksimalkan pengawasan dan memberikan laporan rutin tentang KBM sesuai dengan wilayah binaan masing-masing melalui koordinator pengawas sekolah. Sehingga, semua dapat terpantau dengan maksimal. Jangan sampai nanti ada kendala dalam pelaksanaan KBM yang dilakukan secara daring tersebut setiap satuan pendidikan.

“Meksi sementara ini sistem KBM kembali dilaksanakan secara daring, kita berharap siswa dapat mengikuti dengan penuh semangat. Mudah-mudahan kondisi pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir dan tidak lagi berdampak pada siswa sekolah,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait