KBM Tatap Muka di SDN 01 Kembang Tanjung Dilaksanakan dengan Prokes Ketat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  –  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di SDN 1 Kembang Tanjung, Abung Selatan, Lampung Utara (Lampura), dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Penerapan protokol kesehatan 3M, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Selain itu jam belajar lebih dipercepat dengan meniadakan jam istirahat. 

Bacaan Lainnya

Dijelaskan oleh Rumiyati, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SDN 1 Kembang Tanjung bahwa persiapan yang dilaksanakan sudah mencapai 90% (sembilan puluh persen). Dimana masker selalu tersedia setiap harinya, alat pengukur suhu, alat pencuci tangan seperti sabun dan air mengalir disediakan di depan masing-masing kelas dan pintu masuk, juga jarak tempat duduk telah diatur.

“Persiapan sudah 90%, yang kita sediakan untuk alat pengukur suhu, alat pencuci tangan, dan masker tentunya,” kata Rumiyati, Selasa (9/3). 

Tidak hanya itu, setiap jam pelajaran berakhir maka akan dilakukan penyemprotan di seluruh ruangan, untuk mensterilkan kembali seusai dipakai untuk KBM.

Pihak sekolah pun siap siaga dalam memastikan antara guru dan murid tidak ada yang terkontaminasi virus Covid-19 tersebut.

Rumiyati kembali menjelaskan bahwa, pelaksanaan KBM Tatap Muka yang dilakukan sebelumnya telah melalui simulasi yang dilakukan bersama Pemkab Lampura, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Sebelumnya kita sudah lakukan simulasi terlebih dahulu bersama pemerintah daerah, Dinkes, dan Dinas Pendidikan, untuk mengoptimalkan kegiatan tatap muka ini,” jelasnya.

Dalam hal ini Rumiyati juga mengharapkan agar pandemi dapat segera berakhir, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat dijalankan semaksimal mungkin seperti biasanya, tanpa ada pengurangan atau percepatan jam belajar.

Karena KBM memang lebih efektif apabila dilakukan dengan jam pelajaran penuh, sehingga penyampaian dan penyerapan materi pembelajaran lebih optimal. 

“Kita semua berharap ini cepat berakhir supaya kita bisa belajar seperti biasa, masuk jam 07.30 WIB dan pulangnya 12.20 WIB,”pungkasnya. (adk/ozy/mlo)


Pos terkait