Kebakaran Lagi, Satu Rumah Ludes Dilalap Api

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Setelah Jum’at (15/11) lalu, dua unit rumah milik Ridwan Hakim (45) dan Subeno (52) warga Pekon Paku Negara Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) ludes terbakar. Senin (18/11), musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Pesbar hingga menghabiskan satu unit rumah milik Syarif, warga Pemangku Sukabanjar, Pekon Sukamarga Kecamatan Bangkunat.

Sekretaris Camat Bangkunat, Darmadi, mendampingi Camat setempat Hasanudin, S.Pd., mengatakan musibah kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Peristiwa naas itu pertama kali diketahui oleh warga yang melihat ada kepulan asap yang berasal dari atap rumah milik Syarif.

Bacaan Lainnya



“Warga mengetahui peristiwa kebakaran itu langsung berupaya membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Proses pemadaman api juga dibantu menggunakan mobil pengisi air bersih dan tanki air milik salah satu perusahaan di daerah itu,” katanya.

Dijelaskan, saat kejadian api begitu cepat merambat bagian rumah korban yang berdinding papan. Sehingga barang-barang milik korban ikut terbakar. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.30 WIB. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, kerugian ditaksir hingga puluhan juta rupiah.

“Sementara, penyebab kebakaran tersebut belum diketahui, begitu juga dengan total kerugian karena kita juga baru akan melakukan pendataan pasca musibah kebakaran itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Bengkunat, Iptu Ono Karyono, S.H, M.H., mendampingi Kapolres Lampung Barat (Lambar) AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., membenarkan peristiwa kebakaran itu. Namun hingga kini pihaknya juga belum dapat memastikan penyebab kebakaran itu. Sebab, personelnya  masih berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk membantu korban kebakaran tersebut.

“Saat mengetahui ada musibah kebakaran itu, kita bersama anggota langsung menuju ke TKP. Sedangkan pemadaman dibantu masyarakat dan satu unit mobil pengangkut air milik warga dan mobil milik perusahaan didaerah itu,” katanya.

Ditempat terpisah, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Syaifullah, S.Pi., mengatakan pihaknya juga sudah mendapat informasi adanya musibah kebakaran yang terjadi di wilayah Pekon Sukamarga tepatnya di kilometer 14 di Kecamatan Bangkunat tersebut.

“Mungkin besok petugas BPBD akan turun ke lokasi untuk melakukan pendataan, jika layak untuk diberi bantuan maka kita juga akan menyerahkan bantuan berupa baperstok,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait