Kebakaran Lahan Kembali Gegerkan Warga

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kebakaran lahan gambut kembali mengehebohkan warga. Kali ini, terjadi di wilayah Pemangku III Negeri Agung, Pekon Wayempulau, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat  pada Minggu (22/9) sekira pukul 15:00 WIB.

Diduga api berasal dari aktivitas pembakaran lahan yang merambat hingga mengenai rumpun bambu yang ada di sekitarnya. Beruntung berkat kesigapan warga bersama TNI-Polri dan Anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) hingga api berhasil di padamkan sekitar pukul 16:00 WIB.

Bacaan Lainnya



Peratin Pekon Wayempulau Ulu, Barzawan membenarkan kejadian itu, namun pihakanya belum mengetahui secara pasti sumber api yang membakar lahan milik Kasmir yang dikelola oleh Wagio tersebut, namun diduga kuat api berasal dari aktivitas pembakaran semak-semak untuk membersihkan lahan.

“Kita belum tahu sumber api darimana, tapi kemungkinan ada yang bakar-bakar semak kemudian merambat. Tapi beruntung lahan yang terbakar tidak terlalu luas atau hanya beberapa puluh meter saja,”ungkap Barzawan.

Sementara itu, Kasat Pol-PP M. Henry Faisal S.H, M.H., mengatakan, untuk memadamkan api pihaknya menurunkan satu unit armada damkar ke lokasi.

“Api sudah berhasil di padamkan, karena lahan yang terbakar tidak terlalu luas, namun petugas di lapangan sudah kami minta untuk tetap memastikan bahwa tidak ada lagi potensi api,” imbuhnya.

Terpisah, Kapolsek Balikbukit Iptu Samsul Bahri S.H., mendampingi Kapolres AKBP Doni Wahyudi S.Ik., mengatakan, pihaknya telah turun ke lokasi untuk membantu melakukan proses pemadaman.

“Kita sudah ke lokasi untuk membantu proses pemadaman, untuk lahan yang terbakar tidak terlalu luas dan sejauh ini kami masih menelusuri penyebab kebakaran,” kata dia.

Atas kejadian ini pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak kembali melakukan aktivitas pembukaan lahan dengan cara di bakar, hal itu guna mengantisipasi agar hal serupa tidak terulang.(edi/mlo)



Pos terkait