Kebangpol Pesbar Gelar Rakor FPK Bahas Penanganan Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dengan tema peran serta tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menghadapi pandemi Covid-19, di Lamban Apung Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (16/7).

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Pesbar, A. Zulqoini Syarif, S.H., Sekretaris Kesbangpol Pesbar, Hendra, S.Sos., Kasat Intelkam Polres Lambar AKP Mashudi, SH, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan perwakilan sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Pesbar.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Zulqoini Syarif., mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi upaya dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesbar.

“Kegiatan ini sangat penting, ditengah-tengah permasalahan peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesbar yang semakin mengkhawatirkan dengan harapan kedepannya mampu menekan penyebaran wabah ini,” kata dia.

Dijelaskannya, menghadapi peningkatan kasus Covid-19 saat ini menjadi suatu ancaman bagi negara, terutama di kabupaten pesisir barat. Dari data kasus Covid-19 kabupaten pesisir barat tanggal 12 juli 2021 dengan data dirawat 11 orang, isolasi mandiri 114 orang, kasus baru 14 orang, kasus lama 111 orang dengan total 125 orang.

“Untuk pasien yang selesai isolasi sebanyak 373 orang, dengan angka kematian saat ini berjumlah berjumlah 16 orang dimana sebarannya hampir merata di seluruh kecamatan,” jelasnya.

Ditambahkannya, Selasa (20/7) mendatang merupakan hari raya idul adha 1442 H, yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Hal ini berpotensi dalam penyebaran Covid-19.

“Kami mengharapkan peran serta pemerintah, tokoh adat, tokoh masyarakat maupun tokoh agama yang ada di kabupaten pesisir barat guna mencegah penyebaran Covid-19,” terangnya.

Menurutnya, untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesbar sebagaimana telah tercantum dalam surat keputusan bupati pesisir barat No.B/88/KPTS/V.05/HK-PSB/2021, tentang dewan pembina dan pengurus forum pembauran kebangsaan Kabupaten Pesbar.

“Pengurus FPK mempunyai tugas utama mengkoordinasi, membantu dan merumuskan permasalahan yang ada di masyarakat sehingga dapat memberikan masukan kepada pemerintah dalam hal mengambil kebijakan bagi masyarakat terutama masyarakat yang ada di Kabupaten Pesbar,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait