Kebiasaan Ini Dapat Membuat Kualitas Tidur Lebih Baik

  • Whatsapp
tidur nyenyang di malam hari

Medialampung.co.id –  Tidur malam yang penuh sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Sementara kamu mungkin berasumsi bahwa kebiasaan tidur saat ini sudah mendarah daging, seperti kebiasaan lainnya, pasti ada cara untuk mengubah dan memperbaikinya.

Jadi, untuk kamu yang sering susah tidur simak terus tentang penjelasan bagaimana cara tidur yang lebih baik dengan menggunakan strategi yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan yang disetujui oleh para ahli berikut ini, dilansir dari realsimple.com.

Bacaan Lainnya



Tetapkan jadwal tidur dan bangun yang konsisten

Kita semua memiliki kehidupan yang sibuk, dan seringkali sulit tidur di waktu yang sama setiap hari. Menjaga jadwal tidur dan bangun yang konsisten adalah rekomendasi nomor satu dari banyak ahli, termasuk Michael J. Breus, PhD, dari Los Angeles dan pendiri The Sleep Doctor.

“Sangat penting untuk menjaga ritme sirkadianmu dalam sinkronisasi dan bahkan harus dipraktikkan pada akhir pekan,” jelas Breus. Pengaturan diri ini adalah solusi utama untuk tidur lebih mudah.

Cara terbaik untuk mulai bekerja ke arah pola yang konsisten dan sehat adalah bangun pada waktu yang sama setiap hari. Tubuhmu secara bertahap akan mulai menyesuaikan diri dan mengantuk pada waktu yang sama setiap malam.

Dapatkan paparan sinar matahari pagi yang cukup

Dalam bukunya yang berjudul Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams, profesor dan direktur UC Berkeley’s Sleep and Neuroimaging Lab, Matthew Walker, PhD, menjelaskan bahwa paparan sinar matahari dipagi hari adalah kunci untuk mengatur pola tidur sehari-hari. Kamu disarankan untuk keluar setidaknya selama 30 menit untuk memperbaiki cahaya alami setiap hari. Menurut Walker, jika memiliki masalah dalam waktu tidur, kamu harus mendapatkan satu jam paparan sinar matahari pagi dan mematikan lampu sebelum tidur. 

Tips dapatkan tidur yang lebih optimal

Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Zohre Nemati.

Matikan semua gadget yang dimiliki

Jika ingin memastikan tidur lebih nyenyak setelah lampu dimatikan, kamu perlu mematikan ponsel, TV, komputer, dan tablet setidaknya satu jam sebelum tidur. Breus mengatakan bahwa cahaya biru merangsang otak dan membuat kamu tetap waspada, jadi sebaiknya matikan semua gadget lebih awal. Jika kamu harus menggunakan gadget dimalam hari, Breus merekomendasikan untuk menggunakan kacamata blue blocker untuk menyaring beberapa layar yang membangkitkan cahaya berbahaya.

Di luar dilema cahaya biru, yang masih bisa diperdebatkan oleh banyak ahli, yaitu gadget digital terlalu merangsang bagi siapa pun yang mencoba untuk tidur. Bagaimana mungkin kamu bisa tidur nyenyak setelah membaca email tentang pekerjaan yang membuat stres, melihat apa yang dilakukan semua orang tanpamu di Instagram, atau terhuyung-huyung dari artikel yang sangat membangkitkan semangat? Jika kamu kesulitan memutuskan koneksi, letakkan ponsel dan laptop jauh dari tempat tidur setiap malam.

Berolahraga setiap hari tetapi tidak terlalu dekat dengan waktu tidur

Selain baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur, terutama jika kamu berolahraga di pagi hari. Menurut Breus, olahraga malam juga dapat menjadi alternatif tetapi harus dilakukan dua hingga empat jam sebelum waktu tidur untuk mendinginkan tubuhmu terlebih dahulu. Breus merekomendasikan 20 hingga 30 menit latihan kardio sehari untuk mendapatkan tidur yang lebih baik pada malam hari.

Mandi dengan air hangat

Berbicara tentang suhu tidur yang ideal, penelitian menunjukkan bahwa mandi air hangat satu atau dua jam sebelum tidur dapat membantu kamu tidur lebih mudah. Jika kamu mengatur waktu dengan benar, berendam air hangat secara alami akan memanaskan tubuh sementara proses pendinginan akan membuat suhu saat sebelum tidur lebih jelas. Ditambah lagi, mandi adalah cara yang bagus untuk bersantai dan mendekompres diakhir hari yang panjang. (fim/mlo)



Pos terkait