Kecamatan Airhitam Bentuk Satgas Virus Corona

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menyikapi virus corona (Covid-19), yang tengah melanda dunia, pihak Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bersama Pekon Sumberalam, dan Sembilan pekon lainnya di kecamatan itu bentuk Satuan Tugas (Satgas), Antisipasi Virus Corona Pekon dan Kecamatan.

Pembentukan Satgas Covid-19  atas dasar implementasi kesiagaan Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika), dan pemerintahan pekon, bersama bidan desa (bisdes), selaku tenaga medis yang ada di tingkat pekon serta babinsa dan babinkamtibmas.

Bacaan Lainnya



Camat Airhitam Drs. Dahlin, M.Pd., mengatakan pembentukan satgas  covid-19, tingkat kecamatan dan pekon sebagai langkah preventif menindaklanjuti himbauan pemerintah kabupaten, provinsi dan nasional, untuk menanggapi dengan cepat apabila melihat indikasi gejala warga yang terpapar virus corona, walaupun di Kabupaten Lambar khususnya nol.

Menurutnya tidak menutup kemungkinan ada warga yang datang atau pulang dari luar, maka dari itu perlu adanya antisipasi tersebut, ditambah lagi Kecamatan Airhitam khususnya termasuk daerah yang warganya keluar masuk cukup besar  dan banyak warga pendatang, 

“Kewenangan  satgas pekon mengamati dan mengawasi warga mulai tingkat RT, terutama yang  datang dari luar seperti dari TKW TKI, atau dari kota-kota yang sudah terarap virus corona untuk  memantau mengawasi dan melaporkan dengan satgas kecamatan, apa bila ada muncul gejala corona, serta beberapa tugas lainnya,” terangnya.

Sementara ditambahkan Peratin Sumberalam M.Husain, peran satgas Covid-19, seperti halnya yang sudah dilakukan pembentukannya di Pekon Sumberalam tersebut, menghasilkan Enam komitmen, diantaranya.

  1. Posko satgas tanggap virus corona berada di rumah babinsa Pekon Sumberalam Juandi.
  2. Menerima pengaduan, keluhan, pertanyaan, penjelasan tentang virus corona dari warga Pekon Sumberalam melalui posko dan call centre 1x 24 jam online.
  3. Memberikan tindakan awal (deteksi dini) terhadap pengaduan kasus virus corona, selanjutnya diteruskan penanganannya ke satgas tanggap Kecamatan Airhitam
  4. Memberikan sosialisasi antisipasi virus corona kepada warga Pekon Sumberalam
  5. Mendata warga pendatang dari luar Kabupaten Lampung Barat dan dari luar negeri atau warga Pekon Sunberalam yang habis pulang dari bepergian ke luar Provinsi Lampung, Selanjutnya data disampaikan kepada satgas tanggap virus corona tingkat Kecamatan Airhitam.
  6. Semua anggota satgas tanggap virus corona Pekon Sumberalam dapat menerima laporan dari warga pekon. Selanjutnya didiskusikan dahulu oleh seluruh anggota sebelum diteruskan ke satgas kecamatan, atas pertimbangan dari hasil diskusi, maka nomor handphone whatsapp yang menyampaikan laporan ke satgas kecamatan adalah nomor atau Whatsapp petugas bidan Herni Susanti dan Rilawati dengan maksud agar data pelaporan terdata secara baik.

(rin/mlo)



Pos terkait