Kecamatan Bekali Pemahaman Kerja Aparat Pekon Ciptawaras

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Ciptawaras, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mendapat kunjungan dari tim kecamatan yang dipimpin Camat Ernawati, S.E., dengan agenda pembinaan aparatur Pemerintahan pekon.

Peratin Ciptawaras Sunayah mengatakan, bimbingan dalam rangka pengayaan pengetahuan kinerja petugas pekon yang oleh tim terpadu kantor kecamatan tersebut merupakan solusi langkah yang tepat. Karena melalui pola itu penerapannya akan lebih cepat dipahami aparatur pekon karena didasari adanya hubungan emosional yang lebih dekat.

Artinya ketika hendak menyampaikan apa yang belum dipahami, aparat akan lebih berani karena kedekatan tersebut. “Pembinaan seperti ini memang perlu dilaksanakan dan diterapkan dengan berkeliling pekon sebagaimana yang dilakukan bu camat, dengan begitu tim kecamatan akan mengetahui lebih real apa yang masih perlu ditingkatkan di pekon,” terangnya.

Seperti diketahui, beberapa hal yang menjadi pokok dalam pembinaan peperintahan pekon yang dilaksanakan oleh tim kecamatan tersebut diantaranya, tentang penertiban administrasi, terutama administrasi yang ada di tingkat pekon sebagai aplikasi atau penerapan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), No.47/2016 tentang administrasi pemerintahan desa atau pekon.

Camat Ernawati, berharap kegiatan itu adalah pemahaman tentang administrasi bidang pemerintahan desa bermula dari tingkat pemangku, karena pemangku merupakan tingkatan yang paling dekat dengan lingkungan keluarga, karena itu  para pemangku diharapkan memiliki data base kependudukan yang falid, dan dapat di update secara berkala.

Karena kata Ernawati untuk dapat mewujudkan kabupaten yang hebat harus didukung oleh kecamatan hebat, dan kecamatan hebat ditopang oleh pekon pekon yang hebat yang didalam pekon yang hebat harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang hebat pula, mulai dari unsur Peratin, Kaur, Kasi dan Pemangku yang memiliki semangat kerja yang tinggi sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Oleh sebab itu pihaknya menekankan kepada aparatur pemerintahan pekon untuk mengenal dan menginformasikan kepada masyarakat luas tentang program-program unggulan Bupati Lampung Barat, karena bagaimana bisa ikut mendukung program bupati apabila tidak mengetahui programnya. (ius/mlo)



Pos terkait