Kecamatan Pagardewa Raih Status Bebas ODF

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meski berada di pedalaman Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bahkan sempat menyandang kecamatan terisolir, namun untuk urusan kesehatan kini Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat dalam urusan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tidak mau kalah hebat dengan kecamatan lain.

Seperti pada verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan oleh tim dari Provinsi Lampung dan tim dari Kabupaten Lampung Barat pada Selasa (18/5).

Bacaan Lainnya


Dimana di kecamatan itu terdapat enam pekon yakni Margajaya, Pagardewa, Sukajaya, Sidodadi, Sidomulyo dan Sukamulya yang diberikan verifikasi, untuk mengikuti jejak empat pekon lainnya yang sebelumnya telah lolos seperti, Basungan, Pahayujaya, Batuapi, dan Mekarsari. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pagardewa, Meidansah, S.K.M, M.Kes mengatakan, tim provinsi dan kabupaten mengecek secara seksama ke rumah-rumah warga untuk melihat kelayakan toilet (kakus), apakah betul telah memenuhi standar kesehatan sebagaimana kategori ODF.

Dan dari pengecekan itu tim memverifikasi ke enam pekon bebas ODF, sehingga Kecamatan Pagardewa kini berstatus Kecamatan Bebas ODF. Atau tidak ada lagi masyarakat membuang hajat sembarangan seperti pembuangan kotoran ke dalam kolam ataupun sungai yang bakal mengganggu kesehatan makhluk hidup disekitarnya. 

Sementara Camat Pagardewa M.Yones, S.Stp, M.H., mengapresiasi keseriusan pekon bersama puskesmas dan kecamatan dalam upaya menjadikan Kecamatan Pagardewa bebas ODF. 

“Tentu ini satu pembuktian berkat kerja keras dan kerja nyata yang dilakukan pekon bersama masyarakat dibantu pihak pemerintahan,” ujarnya.

Terpisah dikatakan Peratin Sukajaya Wawan Hermawan menyebutkan berkat pembinaan yang aktif dari puskesmas dan kecamatan, masyarakat mengerti dan menjalankan upaya dalam menciptakan PHBS. (r1n/mlo)


Pos terkait