Kecamatan Pagardewa Tanam Sorgum Untuk Ketahanan Pangan Mandiri 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan mandiri, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Kecamatan Pagadewa, melakukan penanaman Sorgum, dengan melakukan penanaman perdana di lahan kosong kantor kecamatan setempat, Minggu (31/5).

Tampak dalam gerakan penanaman Sorgum bantuan dari Ketua TP-PKK Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus tersebut, dilakukan dengan cukup meriah, dimana Sepuluh pekon bersama unsur pimpinan kecamatan, petugas babinsa, babinkamtibmas, yang dipimpin langsung Camat M. Yones, S.S.T.P, M.H., melakukan penanaman serentak di lahan kantor kecamatan yang memang tersedia cukup luas.

Bacaan Lainnya



Yones menegaskan, gerakan tanam Sorgum program ketahanan pangan mandiri tersebut sebagai langkah dini bagi masyarakat Kecamatan Pagardewa khususnya dan Kabupaten Lampung Barat pada umumnya untuk kesiapan pangan sebagai bentuk antisipasi ketika sewaktu-waktu terjadinya kekurangan pangan. 

Dijelaskannya, Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat menjadi sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Bahkan sebagai bahan pangan sorgum berada pada urutan kelima setelah gandum, jagung, padi dan jelai.  

Lanjut Yones, gerakan tanam sorgum tersebut akan dilaksanakan juga di seluruh pekon di kecamatan itu dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki masing-masing pekon.

“Nantinya ini akan menjadi kegiatan PKK pekon bersama warga, jadi lahan-lahan milik warga yang selama ini tidak dimanfaatkan dapat digunakan untuk menanam sorgum, dan bibitnya akan dibantu oleh Ketua TP-PKK Lambar, secara gratis,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait