Kecamatan Sumberjaya Pertama Selesaikan Musdesus SDGs Desa 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Lima pekon di Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) telah selesai melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus), Penetapan dan Penandatanganan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Dan dengan rampungnya tahapan itu menempatkan Kecamatan Sumberjaya menjadi yang pertama selesai.

Seperti diketahui SDGs Desa merupakan upaya terpadu mewujudkan pekon tanpa kemiskinan dan kelaparan, ekonomi tumbuh merata, peduli kesehatan, peduli lingkungan, peduli pendidikan, Pekon ramah perempuan, pekon berjejaring, dan pekon tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, dalam bahasa kerennya SDGs 

Bacaan Lainnya


Disebutkan Camat Drs. Dahlin, M.Pd., upaya pencapaian SDGs Desa dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 tidaklah mudah, karena itulah penggunaan Dana Desa 2021 diantaranya diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian SDGs, yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi dan adaptasi kebiasaan baru. 

Terusnya, SDGs Desa adalah sebagai panduan dalam kegiatan pembangunan ke depan. Walaupun untuk 2021 prioritas yang diutamakan dalam pemanfaatan Dana Desa untuk pemulihan ekonomi. 

Pihaknya berharap mulai tahun ini hingga kedepan pekon-pekon menjadi pekon yang tidak ada kemiskinan, tidak ada kelaparan, dan dibidang kesehatan tidak ada stunting serta lainnya yang mencerminkan Pekon Hebat Dan Sejahtera.

Dahlin juga mengapresiasi perjuangan hebat relawan SDGs Desa dalam menjalankan tanggung jawabnya serta support yang maksimal dari pendamping lokal desa. 

“Berkat kerja sama dan kerja hebat kelompok kerja (pokja), relawan maka dapat melaksanakan pendataan dengan baik,” ujarnya. 

Karena itu dia mengucapkan terimakasih kepada pokja dan relawan. “Semoga SDGs ini jadi acuan yang valid untuk kegiatan khususnya pada masa yang akan datang, terutama di bidang Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan,” harapannya. 

Pekon terakhir di kecamatan itu yang melaksanakan Musdesus Penetapan dan Penandatanganan SDGs Desa yakni Pekon Sukapura, pada Jumat (11/6) sebagaimana jadwal yang ditetapkan dan dihadiri langsung Camat. (r1n/mlo)




Pos terkait