Kedatangan Penduduk Musiman di Pelabuhan Talang Mutung Meningkat

  • Whatsapp
foto edi/mlo

Medialampung.co.id – Penduduk musiman yang tiba di Pelabuhan Talangmutung, Pekon Tawan, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat terus meningkat. 

Untuk itu, tim Gugus Tugas Covid-19 yang terdiri dari Pemerintah Kecamatan, UPT Puskesmas Rawat Inap (PRI), pemerintah pekon serta unsur TNI –Polri terus memperketat pemeriksaan terhadap setiap penumpang kapal.

Seperti diketahui, Pekon Pancurmas , Ujungrembun dan Tawan merupakan wilayah yang banyak dihuni penduduk musiman yang sebagian besar berasal dari wilayah Kabupaten OKU Selatan, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). 

Camat Lumbokseminung Pinnur S.E.,menerangkan, tim gugus tugas Covid-19 sejauh ini terus memperketat pemeriksaan terhadap setiap warga yang tiba di pelabuhan tersebut. Menurutnya jumlah penumpang terus meningkat seiring menjelang masa panen kopi.

“Jumlah warga musiman yang datang dari luar daerah terus meningkat, tapi oleh petugas yang standby setiap hari kami pastikan tidak ada satupun warga yang lewat dari pendataan  dan pemeriksaan kesehatan,”kata Pinnur.

Dijelaskannya, sudah menjadi tradisi khususnya di tiga pekon di wilayah setempat ketika memasuki masa panen raya kopi, intensitas hilir mudik masyarakat  di wilayah tersebut meningkat, terutama penduduk luar yang memiliki perkebunan kopi di wilayah tersebut.

“Kepada penduduk yang sekembalinya dari luar daerah, atau memiliki riwayat berkunjung keluar daerah kami lakukan pendataan dan berkoordinasi dengan petugas medis untuk dilakukan pemeriksaan. Bagi mereka yang dinyatakan dalam kondisi sehat kami minta tetap untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah,” terang dia.

Selain itu ia menambahkan bahwa Menindaklanjuti instruksi Bupati Hi. Parosil Mabsus dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19. Seluruh pekon mulai mendirikan posko di masing-masing pekon. 

“Semua pekon mulai memperketat akses masuk sehingga setiap masyarakat terutama yang memiliki riwayat kunjungan keluar daerah harus dilakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan di setiap posko yang ada di masing-masing pekon,” imbuhnya.

Sementara, Kepala UPT PRI Lumbokseminung Khalif Ardhi S.Kep, M.H., menjelaskan, hingga kemarin, Sabtu (4/4) proses pemeriksaan terhadap penumpang yang tiba di pelabuhan talang mutung ada sebanyak 399 orang warga. Jumlah tersebut akan diprediksi akan terus meningkat. 

“Dari keseluruhan penumpang yang kami periksa tersebut, semuanya dinyatakan dalam kondisi baik, namun kami tetap mengimbau mereka agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,”pungkas dia. (edi/mlo)



Pos terkait