Kegiatan Musrenbang di Sukau-Batubrak Sukses Digelar 

  • Whatsapp
Pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Batubrak

Medialampung.co.id – Meski kegiatan digelar secara sederhana ditengah pandemi Covid-19, namun kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Sukau, dan Kecamatan Batubrak Kabupaten Lampung Barat sukses digelar, Kamis (25/2).

Musrenbang yang menjadi agenda rutin tahunan pemerintahan daerah tersebut khususnya di Kecamatan Sukau yang digelar di Pekon Bumijaya dihadiri Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet Inoni serta sejumlah kepala dan perwakilan OPD, unsur pimpinan kecamatan, peratin beserta jajaran serta seluruh tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, di Kecamatan Batubrak dihadiri asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wasisno Sembiring serta sejumlah kepala OPD, unsur pimpinan kecamatan, peratin serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Ismet Inoni membacakan amanat Bupati Parosil Mabsus bahwa selain sebagai sarana untuk merumuskan rencana program kedepan, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk menginformasikan capaian program yang telah digulirkan pemerintah daerah sekaligus pemaparan pitu program dan tiga komitmen Pemkab Lambar sebagai Kabupaten Literasi, Konservasi dan Tangguh Bencana. 

“Musrenbang adalah momen penting karena disini kita duduk bersama, secancanan seangkonan dan seandanan untuk merencanakan suatu program pembangunan dalam rangka mendukung kemajuan untuk mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” terangnya.

Tahun ini, kata dia, menjadi tahun ke empat di masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin dalam menjalankan roda pemerintahan. Oleh karenanya, atas nama pemerintah daerah menyampaikan permohonan maaf kepada segenap masyarakat karena belum semua aspirasi masyarakat dapat terpenuhi, keterbatasan anggaran dan adanya beragam persoalan pembangunan yang mendesak tentunya menjadi bahwa pertimbangan pemkab dalam menetapkan prioritas pembangunan tahun ini. 

“Untuk itu, kami minta camat, aparatur pekon serta seluruh tokoh masyarakat di Kecamatan Sukau agar benar-benar menyampaikan usulan prioritas yang menjangkau seluruh kebutuhan masyarakat dari berbagai sektor,” pesannya. 

Pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Sukau

Sementara itu di Kecamatan Batubrak, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Wasisno Sembiring menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan digelar sesuai sesuai amanat UU tentang Sistem Perencanaan Pembangunan yang mengamanatkan bahwa dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan perlu mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat.

“Untuk itu musrenbang kecamatan merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan serta untuk menyamakan prioritas pembangunan Kecamatan,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap pelaksanaan Musrenbang ini dapat menjadi media interaktif bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mencapai pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel sehingga dapat menghasilkan rumusan berbagai program kegiatan prioritas Kecamatan yang bersinergi dengan program Pemerintah Daerah sebagaimana dalam rancangan awal RKPD Kabupaten tahun 2022 mendatang.(edi/mlo)


Pos terkait