Kejari Lambar Canangkan WBK dan WBBM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Barat, melaksanakan pencanangan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang ditandai dengan penandatanganan Pakta integritas, dan pelepasan burung dara serta balon ke udara yang dipusatkan di halaman kantor Kejari setempat, Rabu (4/3).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi, Dandim 0422 Lambar Letkol CZI Benni Setiawan, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Liwa Yuli Artha Pujayotama, Ketua Pengadilan Agama (PA) Nurbaiti, Sekkab Lambar Akmal Abdul Nasir dan Sekkab Pesbar Lingga Kesuma.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Kepala Kejari Lambar Andri Juliansyah mengatakan, zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah, yang pimpinan dan jajaran nya mempunyai komitmen mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Utuk predikat zona integritas, menentukan maka dibentuk tim penilai internal (TPI) vang merupakan bentukan instansi masing- masing. Akhir-akhir ini saya melihat bahwa kinerja dan disiplin pegawai kejaksaan negeri lampung barat mengalami perubahan, dan saya berharap dengan adanya perubahan tersebut menjadikan kinerja kita lebih baik lagi,” ujarnya.

Terusnya, pembangunan zona integritas oleh Kejari Lambar, telah searah dengan nawa cita pemerintah yaitu pada point ke empat tentang reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas dari korupsi, bermartabat dan terpercaya.

Zona integritas yang dicanangkan juga merupakan bagian dari amanat peraturan (perpres) No.81/2010, peraturan presiden tentang grand design reformasi birokrasi tahun 2010-2025 yang terdiri dari tiga target sasaran yaitu terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN, meningkatnya kualitas pelayanan publik kepada masyarakat, dan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.

Selain peraturan presiden diatas, beberapa ketentuan peraturan sebagai pedoman untuk menuju WBK dan WBBM yaitu Undang-Undang No.28/1999 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari KKN keputusan presiden No.55/2014 tentang strategi nasional dalam rangka penindakan tindak pidana korupsi Permenpan dan RB No.10/2019 tentang perubahan Permenpan dan RB No.52/2014, tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK dan WWBM di lingkungan instansi pemerintah.

“Integritas dalam konteks organisasi adalah kesatuan integritas individu ditambah dengan nilai – nilai organisasi yang wajib diadopsi oleh setiap aparatur kementerian atau lembaga, agar dapat berjalan beriringan dengan nilai-nilai kelembagaan, karena integritas tersebut adalah gambaran dari performa kinerja kementerian atau lembaga tersebut di mata masyarakat,” ujarnya.

Dalam rangka menuju WBK dan WBBM, suatu satuan kerja/unit kerja telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik, yaitu telah memenuhi sebagian besar kriteria proses perbaikan pada enam area perubahan yaitu area manajemen perubahan area, penguatan ketatalaksanaan area,  penataan manajemen sdm area, penguatan akuntabilitas kinerja area, penguatan pengawasan area  dan peningkatan kualitas pelayanan publik utamanya area keenam yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik serta didukung dengan hasil survey eksternal indeks persepsi korupsi yang tinggi (min 13.5 dari nilai maksimal 15 atau 90 %) dan indeks persepsi kualitas pelayanan menyatakan baik, serta telah menyelesaikan tindak lanjut hasil pemeriksaan oleh pemeriksaan internal dan eksternal.

“Deklarasi pencanangan dan melalui penandatanganan komitmen bersama ini, saya berharap hendaknya menjadi penyemangat bagi kita menjadi motivasi bagi kita untuk dapat bekerja lebih giat lagi, lebih semangat lagi, lebih produktif lagi, kerja ikhlas-kerja cerdas, berjuang dengan sungguh-sungguh sehingga kita dapat menuju predikat WBK dan WWBM sesuai dengan yang diharapkan bersama, yang hasil akhirnya adalah peningkatan kualitas pelayanan publik yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya. (nop)



Pos terkait