Kelapa Merah Banyak Diburu di Masa Pandemi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Manfaat air kelapa merah tidak kalah dengan buah sejenis pada umumnya. Kelapa merah  ini memang berbeda dan lumayan sulit ditemukan dibandingkan kelapa hijau yang biasanya dikonsumsi ketika sedang keracunan makanan atau sekadar menjaga kesehatan pencernaan.

Ada cara membedakannya antara kelapa merah dan kelapa hijau caranya adalah  pada serabutnya yang berwarna merah muda. Pada umumnya kelapa memiliki serabut berwarna putih. Ciri khas kelapa merah ini membuatnya banyak orang menyebutnya sebagai kelapa merah dan senantiasa dicari untuk dijadikan sebagai obat.

Salah satu yang menjadi tempat penjualan kelapa merah yakni Ismail (40), pedagang kelapa di Jl. Angling Kusumah Kelurahan Sumur Putri Kecamatan Telukbetung Selatan.

Ismail mengatakan, kelapa merah banyak dicari selama masa pandemi Covid-19. Dalam sehari, dirinya bisa menjual 100 gandeng untuk kelapa merah, itupun banyak pesanan dari instansi atau perorangan. 

Ia mengungkapkan, air kelapa merah konon berkhasiat untuk mengatasi keracunan. Diketahui bahwa kelapa merah memiliki kandungan tanin yang kadarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelapa pada umumnya.

Ismail pernah memberi air kelapa merah kepada saudaranya karena keracunan kacang benguk yang seharusnya direbus dahulu selama dua hari. “Tapi ini saudara saya malah langsung dimakan sebelum dua hari, jadi keracunan. Akhirnya saya kasih air kelapa merah,” tuturnya. 

Alhamdulillah, ucap Ismail, saudaranya tertolong setelah meminum air kelapa merah. “Sekarang ini saja saya masih nunggu lagi dari Padang Cermin kelapa merahnya dan kelapa hijau,” tandas Ismail. (jim/mlo)


Pos terkait