Kelompok Tani di Kampung Negeri Baru Dorong Pemanfaatan Lahan Pekarangan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Di masa Pandemi Covid-19, Kelompok Tani di Kampung Negeri Baru Kecamatan Umpu Semenguk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif dan menjadi percontohan bagi masyarakat di lingkungan tersebut untuk dikembangkan di pekarangan keluarga. 

Menurut Dhendy, warga setempat, bahwa kegiatan pemanfaatan lahan tidur yang dilakukan Kelompok Tani di kampungnya itu merupakan hal baru bagi masyarakat setempat yang selama ini bertani secara alami, sehingga langsung menjadi model percontohan bagi petani dan masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan atau lahan kosong menjadi lahan produktif yang memberikan nilai ekonomi tambahan bagi keluarga. 

“Apa yang dilakukan oleh Kelompok Tani dalam bercocok tanam Cabe dengan memanfaatkan lahan yang nganggur, mulai dari pengolahan lahan, hingga penanaman dan pengolahan. Yang baik ternyata menghasil produksi yang sangat memuaskan melihat potensi itu warga langsung meniru karena dipastikan dapat meningkatkan perekonomian keluarga, apalagi sekarang harga cabe aja selangit,” Terang Dhendy . 

Lebih jauh Pemuda Kampung Negeri Baru itu mengungkapkan hasil konfirmasinya dengan Nurul (pemilik lahan *red), bahwa pengelolaan lahan untuk tanaman cabe dengan berbagai varian berbeda di lahan seluas kurang lebih 1 hektar tersebut dilakukan secara bertahap, karena membutuhkan modal yang besar. 

“Yang penting warga sudah memahami cara pengolahan lahan pemilihan bibit penyemaian dan penanaman serta pemupukan dengan baik pasti hasilnya nanti juga baik Kalau saya sendiri selain untuk konsumsi keluarga Karena harga cabai terus melambung tinggi lebihnya saya jual namun dengan lahan yang sempit,” ujar Nurul. 

Seementara itu, Kepala Kampung Negeri Baru, Gajah Tera, MH., menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh salah seorang warganya itu dapat dijadikan contoh bagi warga yang lainnya, minimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing, terlebih di masa pandemi ini juga dibutuhkan kegiatan agar tubuh tetap fit.

“Mengolah lahan pekarangan rumah untuk menanam cabai ataupun sayuran lainnya itu sangat baik, artinya walaupun kita tidak beraktivitas terbanyak di luar tapi tetap beraktivitas di rumah masing-masing, dan bisa tetap memenuhi kebutuhan rumah tangganya,” tutur Gajah Tera.(wk1/mlo)


Pos terkait