Kelompok Tani Digerakkan untuk Tangani Kerusakan Sawah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Lampung Barat telah melakukan peninjauan kerusakan areal persawahan  di Pemangku III Kedamaian, Pekon Buaynyerupa, Kecamatan Sukau yang terdampak erosi.

Kepala DTPH Yedi Ruhyadi, S.P., mengatakan bahwa peninjauan yang dilakukan untuk melihat sekaligus menginventarisir kerusakan areal persawahan di wilayah tersebut. Dari segi penanganan pihaknya telah menggerakan kelompok tani untuk melakukan perbaikan dengan membuat pematang baru.

Bacaan Lainnya



“Dari segi penanganan kerusakan areal persawahan kami sudah meminta kelompok tani untuk bergotong royong membuat pematang baru, agar sawah yang rusak bisa segera kembali dapat dimanfaatkan,” terang Yedi.

Terkait upaya bantuan dari DTPH, sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan meskipun bencana erosi tersebut sempat membawa sejumlah tanaman, namun usia tanam saat itu belum mencapai satu bulan.

“Sejauh ini belum  bisa kami pastikan apakah ada bantuan atau tidak, karena usia tanam padi yang terbawa longsor itu juga  belum cukup satu bulan, sehingga dari segi asuransi usaha tanam padi (AUTP) tidak dapat di klaim,” imbuhnya.

Kendati begitu, menurutnya yang terpenting adalah bagaimana kerusakan sawah tersebut dapat segera tertangani dan masyarakat diminta bergotong royong membersihkan saluran irigasi agar tidak terjadi penyumbatan hingga berdampak pada longsor.

“Sebagai langkah antisipasi kerusakan, petani juga harus proaktif melakukan pengecekan saluran irigasi jangan sampai ada penyumbatan karena itu akan berdampak pada kerusakan,” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait