Kelurahan Gedong Pakuon Ditetapkan Sebagai Kelurahan ODF

  • Whatsapp
Tim Verifimasi Kelurahan STBM saat pantau Kelurahan Gedong Pakuon, Rabu (26/8) - Foto ist/mlo

Medialampung.co.id – Kelurahan Gedong Pamuon, Telukbetung Selatan (TbS) kedatangan Tim Verifikasi Kelurahan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Wilayah Kerja Puskesmas Pasar Ambon Tahun 2020.

Dari kedatangan dan Verifikasi oleh Tim tersebut, diputuskan Kelurahan Gedong Pakuon sebagai Kelurahan ODF (Open Defecation Free). Karena lulus dua pilar STBM.

Bacaan Lainnya



Musa Shaleh Lurah Gedong Pakuon menuturkan, kedatangan Tim dari Dinas Kesehatan Kota dan Puskesmas Pasar Ambon ini, tidak lain untuk mengecek kesehatan di Kelurahan Gedong Pakuon.

“Dicek seperti, apakah masyarakat punya jamban. Apakah punya jamban dan sepiteng atau hanya Jamban saja namun sepitengnya masih ke sungai. Kemudian mengecek MCK,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/8).

Dari hasil Verifikasi ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan diberi waktu satu bulan kedepan. Ya, jika telah diperbaiki dengan mengirimkan foto hasil perbaikan atau Tim kembali turun untuk melihat ulang.

“Catatannya seperti ada jamban namun tidak memiliki sepiteng di Rt 14, lalu di Rt 04 ada wc umum bagus enam pintu dan terpakai empat pintu. Namun di belakangnya sangat kotor dan minta dibersihkan,” terangnya.

Untuk itu, langkah yang diambil Kelurahan Gedung Pakuon dengan segera memperbaiki Catatan yang diberi Tim Verifikasi. “Kita gunakan kegiatan Jum’at bersih untuk memperbaiki catatan dengan gotong royong bersama masyarakat. Karena tempatnya di tengah pemukiman,” jelasnya.

Dengan diputuskan sebagai Kelurahan ODF tentu Musa berharap masyarakat dapat lebih baik lagi berperilaku sehat, yaitu perilaku STBM.(pip/mlo)



Pos terkait