Kelurahan Pahoman Segera Bagikan Nota Penarikan PBB

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kelurahan Pahoman, Kecamatan Enggal, Bandarlampung telah menerima nota penagihan pajak dan segera dibagikan kepada para ketua RT wilayah setempat.

Selaku kolektor pajak di Kelurahan Pahoman, Rasbulloh kepada medialampung.co.id mengatakan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di wilayah setempat masih nihil karena nota penagihan baru diterima pihaknya dan segera dibagikan kepada masing-masing RT.

Bacaan Lainnya



Menurut Rasbulloh, target pemungutan pajak di wilayah Pahoman tahun 2020 masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni berkisar Rp1.977. 074. 991.

”Target PBB tahun ini hampir dua miliar rupiah, masih sama dengan target tahun sebelumnya. Tahun lalu kita tidak mencapai target karena banyak warga menunggak, alasan belum bisa bayar pajak. Tapi mudah-mudahan target tahun ini bisa tercapai, sebab warga yang menunggak bayar pajak tahun 2019 berlaku kelipatan pada tahun ini,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Kelurahan (Seklur) Pelita, Kecamatan Enggal, Fikriansyah mengatakan bahwa pihaknya belum membagikan semua nota penagihan pajak kepada RT. ”Beberapa sudah diambil langsung oleh ketua RT, sebagian lagi secepatnya kita bagikan,” terangnya. 

Fikriansyah menjelaskan, target PBB untuk wilayah Pelita sebesar Rp1.083.192.975 yang terbagi di 13 RT dalam dua lingkungan.

Terus dia, penagihan pajak bumi dan bangunan di deadline hingga Desember 2020, dan penyetoran dari kelurahan diakhir bulan yang sama. 

”Tahun lalu kelurahan kami tidak mencapai target, tapi mudah-mudahan tahun ini bisa 100 persen. Tentu kita harus selalu optimis. Meski, sebagai mana program Pak Walikota bahwa tahun ini ada keringanan bagi wajib pajak,” kata dia.

Tambahnya, tahun ini program Walikota Herman HN untuk wajib pajak senilai Rp150 ribu ke bawah, digratiskan. Kemudian nilai pajak Rp300 ribu ke bawah didiskon 50 persen, dan nilai pajak Rp500 ribu diskon 30 persen. 

”Itu sebagai upaya Pak Walikota membantu meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19,” pungkasnya. (ion/mlo)



Pos terkait