Kembali Dari Luar Daerah, 20 Warga Jalani Rapid Test 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 20 warga Pemangku Waysalang, Pekon Sukabumi, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat mengikuti pemeriksaan Rapid Test yang dilakukan UPT Puskesmas Batubrak, Selasa (29/9).

Kepala UPT Puskesmas Batubrak Nezwan, S.K.M, Rapid test dilakukan kepada 20 orang tersebut lantaran mereka baru tiba dari daerah yang berstatus zona merah tepatnya dari beberapa daerah di Pulau Jawa. 

Bacaan Lainnya



“Karena banyaknya warga yang baru kembali dari luar daerah yang masuk zona merah maka petugas surveilans kita langsung turun melakukan Rapid Test. Alhamdulilah semuanya non reaktif, tapi mereka tetap kami minta untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari,” kata Nezwan. 

Lanjutnya, saat ini pihaknya terus meningkatkan koordinasi dengan seluruh jajaran aparatur pemerintahan pekon sebagai upaya pencegahan dini , salah satunya dengan terus melaporkan setiap warga pendatang atau yang baru kembali berkunjung keluar daerah. “Kami tetap mengoptimalkan screening di setiap pekon, melalui petugas Surveilans dengan memantau dilapangan,” imbuhnya.  

Sebab ia menegaskan bahwa screening merupakan salah satu upaya preventif dan antisipatif disamping kedisiplinan masyarakat dalam upaya mematuhi protokol kesehatan serta menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Salah satu poin penting dalam penerapan prokes adalah penggunaan masker. ini merupakan hal yang penting, mengingat setiap orang tidak pernah tahu adanya gejala atau pun sumber penyebaran virus sehingga perlu ada kewaspadaan saat beraktivitas diluar rumah,”paparnya.

Untuk dirinya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mentaati anjuran dari pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan mengikuti anjuran pemerintah, maka masyarakat ikut andil dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selain upaya yang dilakukan di tingkat pekon, pihaknya bersama tim gugus tugas kecamatan juga rutin melakukan upaya pendisiplinan prokes di pasar melalui kegiatan sosialisasi.

“Imbauan bagi pedagang dan pengunjung pasar juga terus kita giatkan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, jaga jarak serta kebersihan dengan rajin mencuci tangan,” jelasnya.(edi/mlo)



Pos terkait