Kembangkan Kebudayaan, Disdikbud Pesbar-FKIP Unila Teken PKS

Medialampung.co.id – Dalam rangka mengembangkan kebudayaan yang ada di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesbar bersama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di ruang Dekan FKIP Unila, Rabu (27/4).

Hadir dalam kesempatan itu, Plt.Kadisdikbud Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Patuan Raja, M.Md., serta pihak terkait lainnya.

Bacaan Lainnya


Menurut Edwin Kastolani Burtha, pertemuan dengan Dekan FKIP Unila itu merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesbar dalam rangka bagaimana mengembangkan kebudayaan yang ada di Kabupaten setempat. 

Pasalnya, selama ini kebudayaan di Pesbar belum tersentuh dan dimanfaatkan secara optimal.

“Karena itu dengan adanya kerja sama ini, mudah-mudahan kedepan kebudayaan yang ada di Kabupaten Pesbar ini terus berkembang,” katanya.

Dijelaskannya, dalam perjanjian kerja sama seperti pada kegiatan pendataan kebudayaan ini merupakan salah satu langkah awal dari pengembangan kebudayaan tersebut. 

Untuk itu, ditahun berikutnya kegiatan ini juga akan tetap berlanjut, merujuk pada roadmap jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

“Ini sebagai langkah awal, kita berharap dalam pengembangan kebudayaan salah satunya dalam pendataan kebudayaan di Pesbar ini tidak terkendala,” jelasnya.

Masih kata Edwin, pendataan kebudayaan di Pesbar ini rencananya juga akan melibatkan akademisi dan seniman, dan pihak terkait lainnya. 

Mengingat di Kabupaten Pesbar ini juga memiliki 16 Marga Saibatin, sehingga nanti data-data yang diperoleh dari 16 Marga Saibatin di Pesbar ini akan dicari keunikan dan kekhasannya untuk menjadi kebudayaan Nasional atau Internasional. 

Hal ini juga memperkenalkan entitas budaya Pesisir, serta untuk menangkal budaya korea yang sudah merambah ke generasi muda.

“Untuk itu kita berharap hasil pendataan budaya tersebut dapat dikemas secara kekinian agar mudah dipelajari dan dicintai oleh generasi muda terutama yang ada di Pesbar ini,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait