Kemen PUPR Segera Perbaiki Jembatan Way Rarem

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kabar baik datang dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia. 

Pasalnya, Kementrian itu segara memperbaiki jembatan Way Rarem, berada di Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) Desa Aji Kagungan, Kecamatan Abung Kunang, Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lampura, Syahrizal Adhar mengatakan, berdasarkan informasi terakhir dari satuan kerja pengawasan dan perencanaan jalan nasional (P2JN) Kementerian PUPR-RI, bahwasanya saat ini perbaikkan jembatan penghubung Jalintengsum sedang dalam tahap proses.

“Untuk tahapannya sendiri saat ini, masih dalam tahap proses. Sebab dari Kementerian PUPR-RI, tim sudah meninjau langsung lapangan untuk segera diperbaiki,” ujar Syahrizal Adhar, Senin (21/6).

Hal itu, kata Syahrizal Adhar berdasarkan surat dari P2JN Kemen PUPR-RI, No.Pw.0301-Bb19/512 perihal perbaikan jembatan Way Rarem, menindaklanjuti surat Bupati Lampura, No.600/311/16-LU/2021 per tanggal 14 Juni 2021 perihal permohonan perbaikan Jembatan di Desa Aji Kagungan, Kecamatan Abung Kunang berjenis rehab total.

“Itu informasi yang kami terima dari P2JN pada tahun inilah perbaikkan Jembatan akan dilakukan. Mengingat kondisinya dilapangan cukup mengkhawatirkan, dalam menjawab aspirasi masyarakat. Khususnya mereka beraktivitas disana, sebab, itu merupakan akses utama penghubung, desa, kabupaten bahkan provinsi di wilayah Sumatera,” terangnya.

Syahrizal menjelaskan bahwasanya jawaban atas surat Bupati, Budi Utomo dalam menjawab kegelisahan warganya atas akses utama perekonomian itu hanya berselang tiga hari pasca dikirim ke pusat. 

Sejauh pihak kementrian telah menurunkan tim guna meninjau keadaan di lapangan usai kejadian kedua kalinya jembatan mengalami kerusakan parah. 

Kerusakan itu, seperti keretakan median jalan utamanya, yang berdampak hanya dibukanya satu jalur. Selain itu, terdapat besi baja penopang badan jalan mulai ada pergerakan yang akan mengakibatkan ambruknya jembatan.

“Ini telah menjadi perhatian utama pimpinan kita, dan alhamdulillah mendapat respon positif. Kita berdoa saja dapat dijawab secepatnya oleh pemerintah pusat tuntas di lapangan,” harapnya.

Sebelumnya, para pengendara mengharapkan perbaikan jembatan Way Rarem segera diperbaiki. Sebab, mereka khawatirkan dengan keadaan jembatan semakin lama kerusakannya semakin parah. 

Selain hanya diperbaiki sementara, kendaraan berlalu-lalang di sana ramai sehingga menambah beban.

“Ya ini cuma dipasang kayu batang kelapa dengan tambahan material seadanya, apalagi jalan ini cukup ramai karena Jalan Lintas Sumatera (jalan nasional). Kalau semakin lama dibiarkan takutnya ambruk dan bisa-bisa menelan korban jiwa karena sebelumnya telah mengalami serupa namun hanya diperbaiki seadanya,” ujar salah seorang pengendara truk, Rudi Yanto (45) asal Palembang Sumatera Selatan.

“Semoga pemerintah Kabupaten, Provinsi hingga pusat dapat mendengarkan keluhan masyarakat di bawah,” pungkasnya (adk/ozy/mlo)




Pos terkait