Kemenag Fasilitasi Audit Keuangan Baznas dari Kantor Akuntan Publik

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka mengevaluasi laporan keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lampung Barat secara objektif. Kantor Kemenag Lambar melalui Bidang Penerangan Agama Islam (Penais) Kanwil Kemenag Provinsi Lampung memfasilitasi audit keuangan yang dilaksanakan oleh Kantor Akuntan Publik, Selasa (7/9).

Audit yang dilaksanakan di kantor Baznas Lambar tersebut dihadiri tim pendamping audit dari Bidang Penais Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Arif Rahman dan Firdaus. 

Bacaan Lainnya

Kedatangan tim tersebut disambut oleh Ketua Baznas Lambar Inharudin, didampingi Wakil Ketua Suluri dan Agus Muallif serta Kepala Penyelenggara (Kagara) Zakat Wakaf Kemenag Lambar Linda Susilawati, M.Ag.

Kagara Zakat Wakaf Kemenag Lambar Linda Susilawati mendampingi Kepala Kemenag Lambar Maryan Hasan, S.Ag, M.Pd.I., menjelaskan, audit yang dilaksanakan adalah untuk menilai kewajaran atau kelayakan penyajian laporan keuangan yang disampaikan oleh Baznas Lambar.

“Adapun kelayakan dan kewajaran ini mengacu pada prinsip akuntansi yang diterima secara umum dan harapan selanjutnya akan tercermin opini audit yang akan menambah kepercayaan masyarakat kepada Baznas Lambar,” terangnya.

Dijelaskan, dalam pelaksanaan audit terdapat dua kategori yaitu audit keuangan dan audit syariah. Dalam pelaksanaan audit syariah yang telah lebih dulu dilaksanakan yaitu untuk mendorong profesionalisme dan akuntabilitas pengelolaan zakat. Sebab, apabila organisasi pengelola zakat (OPZ) kredibel dan akuntabel, tentu masyarakat yang menunaikan zakat akan semakin banyak.

“Selain itu melalui audit syariah maka proses pengelolaan zakat dipastikan sesuai fikih, baik pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat sesuai yang ditetapkan,” paparnya.

Sehingga, tambahnya, pelaksanaan audit keuangan dan syariah ini sangat positif-konstruktif untuk memajukan dunia zakat, serta mendorong profesionalisme OPZ dan menjamin peningkatan mutu manajemen pengelolaan zakat. (edi/mlo)


Pos terkait