Kemenag Lampung Prioritaskan Vaksinasi Calon Jamaah Haji

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Saat ini isyarat dari kerajaan Arab Saudi bahwa jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci pada tahun 2021 harus menjalani vaksinasi Covid-19 terlebih dulu.

Menindak lanjuti hal tersebut, Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung meminta kepada pemerintah Kabupaten/Kota untuk memprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi calon jemaah haji.

Bacaan Lainnya

“Ya, Sejak mendapat informasi ada rapat koordinasi salah satu syarat dari kerajaan Arab Saudi, ya andaikata haji 2021 kembali dibuka maka setiap calon jemaah harus divaksin terlebih dahulu,” kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Juanda Naim, saat dimintai keterangan di gedung Pusiban Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Selasa (30/3).

Ia juga mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Gubernur Lampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung serta Bupati dan Walikota untuk memprioritaskan calon jemaah haji terlebih yang sudah lanjut usia untuk segera mendapatkan vaksin.

“Calon jamaah haji di Lampung yang siap berangkat ada 7.050. Ketika haji dibuka maka sudah siap kalau belum dibuka berarti kita sudah mensukseskan program vaksinasi dan ini bersifat wajib,” ungkapnya.

Kemudian dari 15 Kabupaten/Kota di Lampung tercatat ada beberapa daerah yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada calon jamaah haji bahkan ada yang sudah mencapai angka 100 %.

“Yang sudah melakukan Tulangbawang Barat 100 %, Tanggamus sudah terjadwal, Lampung Selatan dan Bandarlampung semua sudah berjalan. Kita minta diutamakan dahulu untuk calon jamaah ini sembari menunggu keputusan dibukanya,” pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait