Kemendagri Belum Beri Petunjuk Pelaksanaan Pilkakon Serentak Tanggamus

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Apakah Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) serentak dapat dilaksanakan Pada tahun ini atau tidak belum dapat ditentukan.

Pasalnya hingga Selasa (16/6) Pemkab Tanggamus masih menunggu surat jawaban dari Kemendagri. 

Bacaan Lainnya



Kepala bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Tanggamus, Wawan Haryanto ketika dikonfirmasi Medialampung.co.id mengatakan, sampai hari itu jawaban dari Kemendagri belum turun.

“Karenanya kami masih menunggu jawaban Kemendagri,” kata Wawan.

Demikian juga saat ditanya seputar rekomendasi Pansus DPRD yang menyarankan Pilkakon digelar Juli Atau Agustus. Menurut Wawan, pihaknya belum dapat menyikapi hal tersebut sebelum ada jawaban dan petunjuk dari Kemendagri, sebagai salah satu pedoman Pelaksanaan Pilkakon. 

“Hari ini saya tengah berada di pemprov untuk mengkoordinasikan Pilkakon Serentak tersebut,” pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tanggamus menindaklanjuti harapan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) agar pemilihan kepala pekon serentak segera digelar.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setkab Tanggamus Wawan Haryanto mengatakan, hal ini sudah dikoordinasikan dengan Kemendagri. Apakah tahapan pilkakon serentak kembali dilanjutkan atau ditunda.

”Pemkab Tanggamus telah berkirim surat ke Kemendagri guna menanyakan perihal tersebut. Sebab penundaan pilkakon ini juga sesuai surat Kemendagri tentang penundaan pemilihan kepala desa seluruh Indonesia,” kata Wawan, Selasa (9/6). (ehl/mlo)



Pos terkait