Kemendikbud Akan Kucurkan Dana BOS Afirmasi Rp4,984 Miliar

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id  – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayan tahun ini akan mengalokasikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi sebesar Rp4,984 miliar ke Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Wasis Supriyadi, S. T.,M. Ak, mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.P, M.M.,   mengungkapkan, untuk Kabupaten Lambar ada 60 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri khusus di daerah tertinggal yang akan menerima BOS Afirmasi tersebut, rinciannya 15 SD dan 45 SMP yang tersebar di sejumlah kecamatan.

“Untuk program BOS Afirmasi ini, kita (Disdikbud) telah melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan saat ini kita masih menunggu realisasinya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Wasis, Selasa (29/10).

Dijelaskannya, BOS Afirmasi adalah program pemerintah pusat yang dialoaksikan bagi satuan pendidkan dasar dan menegah yang berada di daerah tertinggal, sangat tertinggal di kawasan 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Sistemnya, kata dia, sekolah dapat bantuan dana sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat, kemudian dialokasikan untuk membeli alat Teknologi Informasi dan Komuniaksi (TIK) untuk membuka website. “Pembelian alat TIK seperti pengadaan tablet khusus untuk kelas 6 dan 9 serta untuk leptop di kantor berikut perangkatnya,” kata dia

Seraya menambahkan, untuk pengadaannya menggunakan System Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLAH) jadi pihak sekolah membelanjakan dana tersebut melalui system e-katalog. “Sejauh ini kita masih menunggu realisasinya dari pemerintah pusat,” kata dia. (lus/mlo)



Pos terkait