Kemenpan-RB Ganjar Inovasi Pelayanan Publik Disdukcapil Bandarlampung dengan Nilai A

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengapresiasi inovasi Disdukcapil Kota Bandarlampung dalam hal pelayanan publik di Mall Pelayanan Satu Atap. 

Dalam kunjungannya ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemkot Bandarlampung, Asisten Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Noviana Andrina mengatakan, kunjungan kali ini untuk melihat secara langsung pelayanan publik di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung seperti di Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Tulang Bawang dan Kota Metro.

Bacaan Lainnya

“Kita melakukan penilaian di dua dinas seperti PTSP dan Dukcapil, ada enam aspek yang kita nilai. Alhamdulilah, Dinas Dukcapil sudah memperoleh nilai A minus pada tahun ini bersama PTSP, artinya sangat baik,” ucap Noviana saat ditemui di MPP Pemkot Bandarlampung, Jumat (30/4).

Dalam kunjungannya ini ia bersama Kepala Disdukcapil Kota Bandarlampung, Zainuddin, meninjau langsung peningkatan pelayanan di Disdukcapil dan PTSP.

“Dan hasilnya kita lihat hari ini, sudah banyak inovasi yang dilakukan PTSP dan Disdukcapil untuk pelayanan publik,” jelas Noviana.

Lanjut Noviana, sudah ada pencapaian dan pihaknya akan mendorong agar pelayanan publik Pemkot Bandarlampung sudah bisa menjadi lebih prima.

“Ada satu tahapan lagi, dalam penilaian ini yang tertinggi itu pelayanan prima. Kita akan mendorong bagaimana progres yang dilakukan oleh kedua unit ini dalam upaya perbaikan yang kami lakukan evaluasi tahun lalu,” tambah dia

Sementara di tempat yang sama Kepala Disdukcapil Kota Bandarlampung, Ahmad Zainuddin, mengungkapkan untuk peningkatan pelayanan publik secara signifikan terlihat pada tersedianya SDM dan peralatan yang digunakan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Mereka melihat M-Kios yang memuat informasi digital dan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang telah kita siapkan, yang enam bulan lalu beliau datang ke sini belum ada,” ujarnya.

Peningkatan pelayanan publik ini merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Tim Penilai Menpan RB terhadap pelayanan publik yang sudah diberikan selama ini.

“Secara keseluruhan dari hasil penilaian mereka, sudah disampaikan kepada saya tadi, yang intinya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan,” imbuh Zainuddin.

Tim Penilai, juga tampak antusias dengan terobosan pelayanan administrasi kependudukan secara online berbasis aplikasi android, yang sudah kita lakukan selama ini.

“Alhamdulilah, selama 4 tahun berturut-turut sejak 2017 hingga 2021 kita sudah mendapatkan nilai 2B dan 3A,” jelasnya 

Ia juga menjelaskan kriteria penilaian pelayanan publik terdiri dari kesiapan SDM serta peralatannya.

“Jadi secara kualitas bisa meningkatkan pelayanan yang katanya kita saat ini mendapatkan nilai A minus, jadi akan meningkat ke nilai A Prima. Insyaallah,” tandas Zainudin.(*/mlo)




Pos terkait