Kemenperin Bakal Revitalisasi Sentra IKM di Lambar

  • Whatsapp
Kabid Industri Diskoprindag Kabupaten Lambar Selamat Riadi

Medialampung.co.id – Kementerian Perindustrian (Kemenprin) akan merevitalisasi sentra industri kecil menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Lambar. Seperti halnya tahun ini Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati di Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebuntebu akan menjadi sasaran dari program revitalisasi sentra IKM yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) IKM tahun 2020.

“Untuk tahun ini KWT Melati Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebuntebu akan menerima bantuan melalui program revitalisasi sentra IKM dari Kementerian Perindustrian,” ungkap Kabid Industri  Selamat Riadi mendampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Yudha Setiawan, Selasa (25/2).

Bacaan Lainnya



Dipaparkannya, KWT Melati tersebut akan mendapatkan bantuan antara lain berupa pengadaan halte satu unit, pembangunan tower air, pembangunan gudang bahan baku, pembangunan bak sampah permanen, pembangunan pagar dan lahan pekarangan, pembangunan gedung produksi, pembangunan solar drayer, pembangunan rumah genset, pembangunan plang sentra IKM.

“Selain itu pemasangan instalasi listrik rumah produksi, instalasi listrik mesin produksi serta jaringan telepone dan internet,” ujar Selamat Riadi.

Kemudian, ada pengadaan genset 5000 Watt, mesin vacum sealer, mesin pemimpih/vacum, mesin sealer otomatis, oven sale, trolley, blower in out, filling kabinert, peralatan meja dan kursi, atelase dan pengadaan alat masak, seperti LPG, wajan, pisau serta timbangan dan lainnya.

“Usaha yang dikelola KWT Melati adalah pembuatan selai pisang. Selama ini hasil produksi mereka belum maksimal baik dari segi mutu maupun pemasarannya yaitu pisang dikeringkan dan dijemur, artinya produksi yang dihasilkan baru setengah jadi. Jadi kita berharap dengan adanya bantuan melalui program revitalisasi sentra IKM ini produksi yang dihasilkan KWT Melati langsung dalam bentuk jadi dan siap untuk dipasarkan,” kata dia. (lus/mlo)



Pos terkait