Kemenpora RI Teken MoU Festival Surfing Remaja

  • Whatsapp
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Festival Surfing Remaja Tingkat Nasional 2019, Rabu (2/10)

Medialampung.co.id Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bersama Pesisir Barat Surfing Asosiasi (PBSA) selaku pelaksana teknis kegiatan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Festival Surfing Remaja Tingkat Nasional 2019 yang akan dipusatkan di Kabupaten Pesbar.

Penandatangan MoU itu dilaksanakan di gedung PP-ITKON Kemenpora RI, Rabu (2/10) kemarin dihadiri oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pesbar, Drs.Surizal Zikri, kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Pesbar, Drs. Gunawan, M.Si., Sekretaris KONI Pesbar Iwan KZ, S.Kom., serta pengurus PBSA Handian, Juli dan Hudri.

Bacaan Lainnya

“Kita sangat berterimakasih dengan Kemenpora RI masih memberikan kepercayaan untuk Kabupaten Pesbar sebagai tuan rumah festival surfing remaja tingkat nasional tahun ini,” kata Surizal, Kamis (3/10) kemarin.

Dikatakannya,  Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, berharap ajang yang akan dilaksanakan itu dapat dimaksimalkan untuk pencarian bibit-bibit atlet surfing. Mengingat Kabupaten Pesbar merupakan salah satu destinasi surfing yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan manca negara.

“Tentu ini akan berdampak ke berbagai sektor, terutama ekonomi dan pariwisata,” katanya.

Ditambahkannya, pengajuan proposal di Kemenpora, selain akan dilaksanakan festival surfing, juga ada terdapat sejumlah kegiatan pendukung antara lain ada senam massal SKJ, lomba melukis untuk anak TK dengan tema surfing, voli pantai antar turis manca negara dan warga sekitar.

“Yang tak kalah serunya ada lomba pencak silat Lampung untuk mempertahankan tradisi lokal dan juga sebagai daya tarik para wisatawan,” jelasnya.

Masih kata dia, seluruh kegiatan itu akan dipusatkan di kawasan wisata pantai Labuhan Jukung. Khusus untuk final voli pantai akan dipusatkan di kecamatan Pulau Pisang. Event yang akan digelar November mendatang itu, dari Kemenpora berharap PBSA, Dispora dan KONI bersama-sama mensosialisasikan kegiatan tersebut melalui media massa, media elektronik dan media sosial (medsos).

“Sehingga masyarakat di berbagai wilayah ikut bersama-sama memeriahkan kegiatan itu,” katanya.

Sementara itu, Iwan KZ mengatakan dengan telah direalisasikannya ajang surfing remaja tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Pesbar oleh Kemenpora RI itu jelas menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Pesbar. mengingat kini Pesbar masih sangat membutuhkan event-event besar yang bukan hanya untuk mencari bibit atlet pada cabang olahraga, tapi juga sebagai ajang promosi wisata.

Searah dengan semangat Bupati Pesbar yang sudah mensuport maksimal dunia olahraga surfing ini. KONI sebagai wadah organisasi olahraga satu-satunya harus bergerak berkoordinasi dengan cabor surfing, agar para atlet surfing lebih serius berlatih dalam menghadapi event tingkat nasional nanti.

“Dispora dan KONI akan terus bersinergi mencari peluang diluar untuk membantu cabor lain agar bisa menyelenggarakan event seperti cabor surfing itu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait