Kemensos Salurkan Dana PKH Periode Agustus

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kementerian Sosial (Kemensos), Republik Indonesia mulai menyalurkan bantuan dana melalui program keluarga harapan (PKH) periode Agustus ke seluruh keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Koordinator Kabupaten PKH Pesbar, Dendi, S. Pd. I., mengatakan penyaluran dana PKH di negeri para sai batin dan para ulama itu hingga kini masih berlangsung, penyaluran telah dilaksanakan sejak dua hari terakhir melalui Bank BRI dan Brilink yang tersebar di seluruh kecamatan.

Bacaan Lainnya



“Dalam penyaluran PKH masih melalui BRI, jadi KPM bisa melakukan penarikan dana PKH melalui BRI maupun Brilink yang telah ditetapkan di masing-masing kecamatan,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam penyaluran dana PKH bulan ini, jumlah KPM penerima masih sama seperti bulan sebelumnya mencapai 11.457 KPM yang tersebar di seluruh kecamatan di kabupaten setempat.

“Kita sudah melakukan pemutakhiran data peserta PKH, tapi hasil pemutakhiran itu masih kita usulkan ke pusat, kemungkinan akan berlaku pada Oktober mendatang,” jelasnya.

Dengan begitu, hingga September mendatang jumlah KPM PKH tidak mengalami perubahan, sehingga masyarakat yang terdaftar dalam pemutakhiran data itu masih akan menerima dana PKH hingga September mendatang.

“Karena belum keluarnya hasil pemutakhiran data yang kita sampaikan ke pusat, masyarakat yang terdaftar dalam penerima dana PKH itu sekarang ini masih sama dengan data sebelumnya, jadi kita belum menggunakan data yang baru,” terangnya.

Sementara itu, terkait jumlah dana PKH yang diterima masing-masing peserta PKH sesuai dengan kategori penerima dana PKH itu, seperti ibu hamil, anak usia dini, siswa SD, SMP, SMA, disabilitas dan lanjut usia, masing-masing kategori menerima jumlah dana yang berbeda.

“Dalam setahun KPM dengan kategori ibu hamil menerima dana PKH Rp3 juta, anak usia dini Rp3 juta, siswa SD Rp900 ribu, SMP Rp1,5 juta, SMA Rp2 juta, disabilitas Rp2,4 juta dan lanjut usia Rp2,4 juta,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan, pekan ini penyaluran PKH selesai dilaksanakan, dengan begitu sleurh KPM PKH dapat menggunakan dana tersebut sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing kategori.

“Kita berharap dana PKH yang diterima dimanfaatkan dengan maksimal, dengan begitu penggunaan dana PKH yang diterima sesuai peruntukannya,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait