Kementan akan Alokasikan Bibit Tanaman Kopi-Pupuk di Lambar

  • Whatsapp
Kabid Perkebunan Disbunnak Lambar Sumarlin, S.P, M.P

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar tahun ini akan menerima bantuan bibit tanaman kopi unggul sebanyak 100.000 batang untuk lahan seluas 100 hektar atau dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian

“Selain bantuan bibit, Kementan juga akan mengalokasikan bantuan pupuk organic sebanyak 60 ton dan pupuk NPK 32 ton,” kata Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.Si., mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Ir. Nata Djudin Amran, Kamis (29/7).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, program peremajaan tanaman kopi untuk lahan seluas 100 Ha tersebut rencananya akan dialokasikan kepada lima kelompok tani (Poktan) rinciannya empat Poktan di Kecamatan Gedungsurian dan satu Poktan di Kecamatan Airhitam.

“Kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan dengan pertimbangan produktif dan kelompoknya aktif serta ada niat untuk memperbaiki kebunnya,” imbuhnya.

Kata dia, bantuan bibit tanaman kopi unggul plus pupuk organik dan NPK tersebut akan didrop langsung oleh pihak penyedia yang ditunjuk oleh Kementan.

“Jadi bantuan itu nantinya akan didrop langsung oleh pihak penyedia kepada Poktan. Rencananya akan dilakukan penanaman sekitar bulan Oktober-November mendatang,” kata dia.

Menurut Sumarlin, program peremajaan tanaman kopi tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan produksi kopi, karena sampai saat ini masih ada lahan perkebunan kopi yang belum dilakukan peremajaan sementara kondisi tanamanya sudah tua.

“Dengan adanya kegiatan peremajaan, kita berharap produksi kopi robusta terus mengalami peningkatan sehingga pendapatan petani juga meningkat,” tutupnya. (lus/mlo)


Pos terkait