Kementan Alokasikan Bantuan Mesin untuk Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kementerian Pertanian (Kementan) mengalokasikan dua paket bantuan mesin pengolahan kopi untuk dua kelompok wanita tani (KWT) di Kabupaten Lambar.

“Bantuan dua paket mesin pengolahan kopi tersebut telah diserahkan pihak Kementerian Pertanian kepada KWT Mawar Pekon Mekarjaya Kecamatan Gedungsurian dan KWT Darma Sari Pekon Srimenanti Kecamatan Airhitam pada Kamis (22/4) lalu,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Ir. Nata Djudin Amran, Selasa (4/5).

Bacaan Lainnya



Ia menjelaskan, sebelumnya pihak Kementan bersama Dinas Perkebunan Provinsi Lampung melakukan survey calon penerima calon lokasi (CPCL) di sejumlah kelompok tani di Kabupaten Lambar namun ada dua KWT yang berhak menerima bantuan dari Kementan bersumber dari APBN tahun 2021.

“Satu paket terdiri dari mesin roasting satu unit, mesin pembubuk kopi satu unit, mesin sealer satu unit, mesin huller satu unit dan mesin pulper satu unit,” imbuhnya 

Masih kata dia, dialokasikannya mesin pengolahan kopi tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas produksi kopi di masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) sehingga akan terjadi peningkatan pendapatan masyarakat Kabupaten Lambar.

“Kita juga berharap kedepan semakin banyak lahir kelompok tani yang mengolah kopi dan produk turunannya sehingga ekonomi Lambar terus meningkat,” pungkas Sumarlin. (lus/mlo)



Pos terkait