Kementan Lanjutkan Program AUTS di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Pertanian (Distan), kembali melanjutkan program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) yang digulirkan oleh pemerintah pusat yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi PT. Jasindo.

Kabid Peternakan, Mesrawan, S.STP, M.Si., mendampingi Kadistan Pesbar, Ir. Muhammad Aziz., mengatakan tahun ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian kembali menyiapkan program perlindungan ternak sapi melalui program AUTS.

Bacaan Lainnya

“Program AUTS ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir, bahkan setiap tahun banyak peternak yang tergabung dalam kelompok tani mendaftar dalam program ini sebagai perlindungan terhadap sapi mereka,” kata dia.

Dijelaskannya, setiap kelompok dapat mendaftarkan sapinya dengan syarat merupakan sapi indukan produktif, itu artinya sapi indukan yang masih berpotensi berkembang biak dalam jangka panjang.

“Jumlah premi AUTS adalah sebesar dua  persen dari nilai klaim senilai Rp10 juta dan satu ekor sapi, yakni Rp200 ribu per tahun. Bantuan premi  dari pemerintah sebesar 80 persen atau Rp160 ribu per tahun sehingga peternak hanya membayar sisanya yakni Rp40 ribu,” jelasnya.

Menurutnya, kriteria peserta AUTS itu adalah peternak sapi perorangan, koperasi dan perusahaan yang maksimal 15 ekor sapi betina produktif usia minimal satu tahun. Persyaratanya, peternak mempunyai surat kesehatan hewan ternak sapi yang dilengkapi microchip atau nomor eartag tanda identitas di telinga.

“Klaim asuransi sapi itu dapat dilakukan jika peternak kehilangan atau kecurian dan kematian karena penyakit dan kecelakaan, termasuk mati karena melahirkan,” terangnya.

Ditambahkannya, Risiko dapat diklaim atau diganti asuransi misalnya hewan ternak sapi mati karena melahirkan dan akibat sejumlah penyakit yang telah ditetapkan kriterianya oleh Jasindo.

“Tahun ini kita mendapatkan target sebanyak 250 ekor sapi betina produktif terdaftar dalam program tersebut, kita akan usahakan dengan maksimal, sehingga target itu bisa tercapai,” tandasnya. (ygi/d1n)/mlo


Pos terkait