Kementerian Perdagangan Kucurkan Rp2,5 Miliar untuk Bangun Los Pasar Liwa 

  • Whatsapp
Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Pasar Diskoperindag Lambar Salafuddin, S.I.P

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar tahun ini mendapatkan kucuran dana tugas pembantuan (TP) Rp2,5 miliar dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perdagangan.

“Dana Tugas Pembantuan tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan dua unit los terbuka di Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit. Untuk Provinsi Lampung, hanya tiga kabupaten yang mendapatkan kucuran dana Tugas Pembantuan yaitu Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Lampung Tengah,” ungkap Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Pasar Salafuddin, S.I.P mendampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Yudha Setiawan, S.I.P di Ruang Kerjanya, Senin (5/10).

Bacaan Lainnya



Salafuddin menjelaskan, los yang ada di Pasar Liwa tersebut layak untuk dibangun baru kembali karena merupakan bangunan pasca gempa tahun 1994 sehingga konstruksi bangunan sudah tidak layak dan telah banyak yang rusak parah.

“Jadi kita akan membangun dua unit los terbuka di Pasar Liwa yaitu los A ukuran 14×41 meter dan los B ukuran 10×10 meter dan untuk bangunan lama saat ini sudah dirobohkan,” kata dia.

Lanjut dia,  dalam rangka mendukung pembangunan los di Pasar Liwa tersebut , Pemkab Lambar juga mengalokasikan anggaran bersumber dari APBD perubahan untuk menyiapkan lahan dan pembongkaran bangunan los yang lama.

“Bangunan los yang lama sudah dilakukan pembongkaran dan untuk sementara pedagang yang biasa berjualan di lokasi los tersebut menyesuaikan dengan lokasi yang lainnya, sembari menunggu los baru dibangun,” kata dia.

Kata dia, untuk kegiatan pembangunan los baru Pasar Liwa tersebut telah selesai proses tender dan telah dilakukan tandatangan kontrak.

“Kita berharap dengan adanya pembangunan los tersebut fasilitas di Pasar Liwa akan lebih baik, pedagang merasa aman dan nyaman berjualan serta sirkulasi pasar merata,” harapnya. (lus/mlo)



Pos terkait