Kenal di Facebook, Pemuda Asal Lamsel Setubuhi Gadis Belia di Waykanan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit PPA Satreskrim Polres Waykanan mengungkap pelaku yang diduga melakukan persetubuhan dan atau perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur di Kecamatan Way Tuba Kabupaten Waykanan, Sabtu (27/2).. 

Tersangka berinisial MB (24) warga Dusun Sinar Baru Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. 

Bacaan Lainnya


Kapolres Waykanan AKBP Binsar Manurung melalui Kasat Reskrim IPTU Des Herison Saputra menjelaskan kronologis kejadian terjadi pada pertengahan tahun 2020 TSK MB berkenalan dengan korban Melati (15)–bukan nama sebenarnya–melalui media sosial Facebook. 

Dari perkenalan itu antara korban dan tersangka menjadi dekat, lalu MB datang ke rumah korban di Kecamatan Way Tuba dengan modus bekerja sebagai pemetik kelapa dan membantu berjualan kelapa muda. 

Orang tua korban awalnya tidak curiga selama tersangka bekerja sebagai pemetik kelapa dan membantu juga tinggal di rumah korban sehingga akhirnya pada tanggal 19 Desember 2020 saat rumah orang tua korban sepi tepatnya di ruang keluarga, tersangka memaksa korban melakukan perbuatan persetubuhan dengan korban, mirisnya setelah berhasil menodai korban, esok harinya pelaku langsung pulang ke kampung halamannya. 

Korban baru menceritakan kejadian yang dialami kepada kakak kandungnya setelah tersangka pergi, selanjutnya orang tua korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Waykanan untuk ditindak lanjuti. 

Setelah menerima laporan dari orang tua korban pada tanggal 4 Januari 2021, Unit PPA Polres Waykanan langsung bergerak melakukan penyelidikan keberadaan pelaku di wilayah Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan namun ternyata tersangka bersembunyi dan belum diketahui keberadaannya. 

Petugas masih terus mencari keberadaan tersangka sehingga pada awal Februari, tersangka diketahui berada di desanya dan melayani jasa pengiriman TKI ke luar negeri. 

Salah satu anggota unit PPA kemudian melakukan penyamaran dengan menghubungi tersangka dan berpura-pura ingin bekerja menjadi TKI. 

Hasilnya tersangka setelah membuat janji untuk menjemput di salah satu rumah makan di Simpang Kota Dalam Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan.

Pada hari Rabu tanggal 24 Februari 2021 sekitar 19.00 WIB Tersangka datang dengan menggunakan sepeda motor, tak menunggu lama, dengan dipimpin Kanit PPA petugas langsung mengamankan tersangka tanpa perlawanan. 

Selanjutnya, tersangka diamankan dan dibawa ke Polsek Katibung Polres Lampung Selatan untuk dilakukan interogasi awal. Setelah itu pada pukul 21.00 WIB tersangka dibawa menuju Polres Waykanan. 

“Akibat perbuatannya, pelaku dapat dikenakan pasal 81 (1), (2) dan atau pasal 82 (1) Undang Undang RI No.17/2016, tentang perubahan kedua atas UU No.23/2002 tentang perlindungan anak, dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara,” ungkap IPTU Des Herison Saputra.(wk1/mlo)




Pos terkait