Kenali Beda Gejala Flu, Selesma dan COVID-19

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi

Medialampung.co.id – Seiring dengan wabah COVID-19 yang menyerang Wuhan, China beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia menjadi khawatir. Apalagi kini telah ditemukan kasus pertama korona di Indonesia.

Mereka kerap menganggap penyakit yang dialaminya merupakan COVID-19 yang sedang marak diperbincangkan. Merangkum dari berbagai sumber, yuk kenali perbedaan Flu, Salesma dan COVID-19.

Bacaan Lainnya



Merangkum dari Web MD, tanda-tanda flu kerap datang secara tiba-tiba. Akan tetapi masyarakat bisa mengenalinya dengan mudah dengan beberapa gejala berikut.

Demam di atas 100 derajat Farenheit atau di atas 37,7 derajat Celcius, nyeri hebat pada otot dan persendian, merasa lelah dan lemah dalam kondisi yang cukup parah, kulit menjadi hangat, memerah, mata merah dan berair, mengalami panas dingin, sakit kepala, batuk kering, sakit tenggorokan dan pilek.

Selain itu Salesma atau biasa dikenal dengan pilek, memiliki persamaan dengan flu. Hanya saja penyakit ini dimulai dengan gejala awal seperti sakit tenggorokan disusul dengan hidung yang mengeluarkan lendir (beringus berwarna bening dan berair), bersin-bersin, kelelahan dan batuk.

Meski memiliki kesamaan, namun COVID-19 memiliki tanda khusus yang efeknya sedikit lebih parah dibandingkan dengan flu dan salesma. Hal ini diungkapkan oleh Konsultan Pulmonologi FKUI-RSCM, Dr. dr. Cleoplas Martin Rumende, SpPD, K-P, FINASIM, FCCP.

Dokter Martin mengatakan, gejala virus corona adalah batuk dan pilek. Gejala virus corona seperti batuk, pilek, demam dan sakit tenggorokan. Pasien dengan infeksi akut atau berat akan timbul keluhan seperti sesak, batuk, demam dan ngos-ngosan. Gejala dari penyakit tersebut umumnya ringan dan tidak menimbulkan komplikasi. (okezone/mlo)



Pos terkait