Kenali Gejala DBD, Saat Musim Hujan dan Banjir

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Selama musim hujan dan banjir ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) risikonya meningkat. Anda harus tahu gejalanya untuk upaya pertolongan pertama. Jika muncul gejala DBD, jangan diabaikan begitu saja. Terutama pada anak-anak yang sulit mengungkapkan rasa sakitnya.

Berikut adalah beberapa gejala DBD yang harus Anda kenali. Sebaiknya peka lebih awal agar penyakitnya segera ditangani.

Bacaan Lainnya



 Demam

Banyak orang, terutama anak-anak dan remaja, mungkin tidak mengalami tanda atau gejala saat demam ringan. Bila gejala memang terjadi, biasanya mulai 4-7 hari digigit nyamuk yang terinfeksi.

DBD biasanya ditunjukkan dengan suhu tubuh di atas 39 derajat Celcius. Waktu demamnya pun berbeda, biasanya dalam dua hari demamnya pulih. Lalu setelahnya demam muncul kembali bak siklus tapal kuda.

Mual dan muntah

Selain demam, gejala awal yang menandakan bahwa seorang terkena DBD adalah sering mual dan muntah. Hal ini disertai pula dengan sakit kepala yang berat. Nafsu makan pun seketika hilang, sehingga membuat tubuh pasien rapuh.

Nyeri tulang

Pasien DBD rentan mengalami nyeri tulang dan otot. Apalagi saat kondisi tubuh menggigil, rasanya sangat tidak nyaman.

Wajahnya juga pucat dan malas bergerak. Bila muncul tanda ini, sebaiknya peka dan segera ke dokter.

Sakit kepala

Pada saat demam biasanya disertai dengan sakit kepala yang tak menyenangkan. Pasiennya akan merasa tidak nyaman, karena sakit kepala berat.

Lemas

Pasien demam berdarah sering mengeluh tubuhnya lemas. Tentu penyebabnya adalah hilang nafsu makan, demam tinggi, hingga mual dan muntah.

Kalau sudah ada tanda-tanda demikian, segera ke dokter agar pasien tak mengalami komplikasi hingga mengancam nyawa. (okezone/mlo)



Pos terkait