Kenalkan Nilai Demokrasi, SMPN 1 Krui Gelar Pemilihan Ketua OSIS

  • Whatsapp

Medialamping.co.id – Sebanyak 612 pemilih siswa dan guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), telah menyalurkan hak suara dalam pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang dipusatkan di halaman sekolah setempat, Kamis (18/11).

Dalam pemilihan Ketua OSIS SMPN 1 Krui itu dilaksanakan secara demokrasi layaknya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu). Mulai dari tahap penjaringan bakal calon, penetapan calon, penyampaian visi misi calon, hingga pelaksanaan pemungutan suara, yang dilakukan secara langsung, umum, bebas dan rahasia. Selain itu, dalam pemungutan suara juga dilaksanakan menggunakan kertas suara, bilik suara dan kotak suara.

Bacaan Lainnya

Kepala SMPN 1 Krui, Wina Astuti, M.Pd., mengatakan, pemilihan ketua OSIS di sekolah itu dengan sistem pemungutan suara secara langsung, layaknya Pemilu. Tentunya kegiatan itu sebagai pembelajaran dan pengetahuan terhadap siswa dalam berdemokrasi, dan berorganisasi. Sehingga, kedepan mampu mewujudkan kemajuan dan pengembangan siswa itu sendiri.

“Pemilihan Ketua OSIS ini dilakukan dengan asas demokrasi dengan prinsip untuk mengedukasi peserta didik dalam belajar berorganisasi. Untuk itu, diharapkan siswa juga dapat memetik pembelajaran dalam pemilihan Ketua OSIS tersebut,” katanya.

Dikatakannya, OSIS merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik. Dengan begitu, pihaknya juga berharap melalui berbagai kegiatan yang ada pada OSIS tersebut nantinya akan mampu memberikan ruang dalam meningkatkan soft skill dan hard skill peserta didik. Sehingga, bagi ketua OSIS yang terpilih dalam pemilihan ini diharapkan dapat aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan OSIS itu sendiri.

“Kita juga meminta kepada seluruh siswa di sekolah ini untuk dapat mendukung ketua OSIS yang terpilih tersebut, sehingga OSIS di sekolah ini kedepan bisa terus aktif dan berkembang,” jelasnya.

Diketahui, dalam pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS SMPN 1 Krui itu diikuti oleh tiga kandidat yakni Amelia Verlisa memperoleh 225 suara, Meta Lodita memperoleh 74 suara, dan Sabira memperoleh 304 suara, dengan jumlah pemilih sebanyak 732 terdiri dari 674 siswa dan 58 guru. Dari jumlah itu sebanyak 612 pemilih yang menyalurkan hak suaranya, dan sisanya 120 pemilih tidak hadir. (yan/d1n/mlo)

Pos terkait