Kenalkan Vaksin ke Masyarakat, Dinkes Buka Lapak Vaksinasi Covid-19 di Pasarliwa 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk memperkenalkan atau mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat memberikan vaksinasi kepada 200 orang kalangan pelayan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia) di terminal kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Senin (7/6).

Kegiatan vaksinasi itu di tinjau langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Cahyani Susilawati, S.K.M, M.Kes, sejumlah pejabat pemkab, Kabag OPS Polres Lambar Kompol Ferianda Eka Putra, S.H, perwakilan TNI Kodim 0422/LB, seta kepala Puskesmas Liwa Harjunadi.

Bacaan Lainnya


Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ira Permata Sari usai menjelaskan vaksin yang diberikan tersebut adalah produksi Sinovac dengan sasaran pelayanan kalangan pelayan publik dan lansia.

“Kita berikan secara gratis dengan kuota sebanyak 200 penerima, tujuannya untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa vaksin Covid-19 itu ada dan aman untuk masyarakat,” terang Ira.

Selanjutnya, untuk pelaksanaan vaksin kedua akan dilaksanakan setelah 28 hari kedepan yang dilakukan di UPT Puskesmas Liwa.

“Karena untuk perkenalan dengan masyarakat, maka kegiatan  kita gelar ibu kota Lampung Barat, sedangkan kecamatan lain sifatnya hanya sosialisasi melalui Puskesmas,” paparnya

Sementara itu, Bupati Parosil Mabsus disela peninjauan mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin tersebut benar-benar aman dan pastinya halal.

“Kita sengaja menyatukan dari berbagai macam lapisan masyarakat, yang tujuannya memberikan keyakinan bahwa seluruh masyarakat akan mendapatkan vaksin, karena vaksin aman dan halal. Ini merupakan upaya pemerintah untuk menjaga dan melindungi rakyat,” kata Parosil.

Sehingga, lanjutnya, bagi masyarakat yang belum melakukan vaksin, untuk bersabar mengingat kuota yang diberikan pemerintah terbatas, sehingga vaksinasi belum dapat dilakukan secara menyeluruh.

“Vaksin diberikan secara bertahap, tidak bisa sekaligus jadi masyarakat harus bersabar tetapi kami pastikan semua bisa di vaksin, untuk itu baik masyarakat maupun ASN diminta tetap bersabar,” kata dia.

Bagi masyarakat, PNS, TNI dan Polri, Parosil berpesan bahwa meskipun sudah dilakukan vaksin, namun tetap menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan, mengingat covid-19 belum berakhir.

“Wabah Covid-19 belum berakhir jadi kami berharap kepada semua lapisan masyarakat baik yang sudah maupun belum di vaksin agar tetap taat dan menjaga Prokes, selalu cuci tangan, jangan berkerumun dan menggunakan masker,” jelas dia.(edi/mlo)




Pos terkait