Kendalikan Banjir, Way Sebukau Akan Dinormalisasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sungai (Way) Sebukau di wilayah perbatasan Pekon Lumbok dan Pekon Kagungan, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat kini mengalami pendangkalan sehingga kerap meluap dan mengakibatkan banjir di pemukiman warga setempat.

Kondisi itu menjadi pekerjaan rumah pemerintah pekon untuk melakukan upaya normalisasi yang rencananya akan dilaksanakan di tahun 2022 mendatang melalui alokasi Dana Desa.

Bacaan Lainnya

Peratin Kagungan Ali Rahman menjelaskan, pendangkalan sungai di wilayah perbatasan pekon lombok dan kagungan tersebut memang telah beberapa kali mengakibatkan banjir seperti yang terjadi pada Rabu petang (3/2).

Akibatnya, pemukiman penduduk yang berada di bantaran sungai tersebut tergenang dengan ketinggian air sekitar 15-20 Centimeter 

“Ya, kemarin sore meluap lagi, titik terparah berada di Pekon Kagungan dengan ketinggian air mencapai sekitar 15-20 CM. Namun saat ini air sudah surut,” jelasnya.

Untuk mengatasi pendangkalan sungai tersebut, menurutnya dibutuhkan upaya normalisasi sungai, dan upaya tersebut masih dapat dilakukan secara manual tanpa harus mengerahkan alat berat. 

“Kegiatan normalisasi masih bisa kita atasi secara manual dengan mengeruk tanah dan pasir menggunakan peralatan seadanya, tapi kegiatan itu rencananya akan kita lakukan tahun depan dengan sistem padat karya tunai kita akan kerahkan puluhan pekerja,” tuturnya.

Pihaknya menilai pendangkalan sungai tersebut disebabkan adanya penumpukan sedimen yang terbawa arus dari dataran tinggi.

“Jadi bukan karena persoalan sampah tapi murni faktor alam yang memang seharusnya dalam jangka beberapa tahun dilakukan normalisasi,” pungkasnya.(edi)


Pos terkait