Kepergok Bakar Lahan, Warga Balikbukit Diamankan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Rodian (40) warga Lingkungan Sukamaju Kelurahan Waymengaku Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lambar harus diamankan lantaran diduga sengaja membuka lahan dengan cara membakar, sehingga menyebabkan lahan belukar hangus terbakar tepatnya di Lingkungan Sukamaju Kelurahan Waymengaku Kecamatan Balikbukit, sekitar pukul 11.00 Wib, Minggu (18/8/2019).

Plt. Kasat Pol-PP M. Henry Faisal, S.H, M.H mengungkapkan, awalnya pihaknya menerima laporan dari salah satu awak media surat kabar harian umum (SKHU)  bahwa di sekitar Gang Aprika Lingkungan Sukamaju terjadi kebakaran lahan, kemudian pihaknya menerjunkan personil ke lokasi kebakaran dibantu anggota Kodim 0422 LB serta anggota Polres Lambar dan masyarakat sehingga beberapa menit kemudian api berhasil dijinakkan.

Bacaan Lainnya



“Berkat laporan dari salah satu awak media, musibah kebakaran lahan di Simpangserdang, Way Mengaku segera dapat teratasi oleh Sat Pol PP melalui UPT Damkar Balikbukit. Ini menunjukan sinergitas yang terjalin baik antara awak media dan OPD terkait,” ujar Henry.

Pihaknya mengucapkan terima kasih berkat informasi awal yang diterima dari awak media tersebut, untuk kedepannya Henry pun mengharapkan peran media semakin besar memberitahukan upaya pengendalian kebakaran dan pencegahannya serta nomor-nomor yang bisa dihubungi apabila terjadi musibah kebakaran.

“Kita (Sat Pol PP) akan berupaya semaksimal mungkin melayani masyarakat sesuai dengan program inovasi ADA PM (Ada Pol PP Melayani) dan mendukung komitmen pemerintah daerah sebagai kabupaten tangguh bencana,” ungkap dia seraya menambahkan, saat ini pelaku sudah diamankan di kantor Koramil Balikbukit guna dimintai keterangan serta mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sementara itu, salah seorang warga Eko mengaku setelah mendapatkan laporan ada warga yang membuka lahan dengan cara membakar, dirinya langsung menuju lokasi dan ternyata benar ada salah seorang warga membuka lahan dengan cara dibakar menggunakan obor.

“Saya langsung meminta orang itu untuk memadamkan api namun karena kondisi cuaca panas dan ada angin sehingga api cepat menjalar ke tumbuhan belukar yang ada di sekitar lokasi. Dengan adanya kerjasama  antara warga sekitar, anggota Kodim LB serta petugas pemadam kebakaran api berhasil dijinakkan,” pungkas dia.(lus/mlo)



Pos terkait