Keren!! KKN Unila Buat Kerupuk dan Pie dari Biji Kopi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dengan memanfaatkan biji kopi, para mahasiswa Universistas Lampung (Unila) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Gihamsuka Maju, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat berhasil membuat kerupuk dan pie dengan beragam rasa.

M. Abi Zulkarnain peserta KKN setempat, mengatakan, masyarakat Kabupaten Lambar mesti mensyukuri anugerah tanah subur yang memberikan berbagai hasil alam seperti kopi, sayuran dan lainnya.

Bacaan Lainnya



“Kopi menjadi salah satu andalan masyarakat di Kabupaten ini dan selama ini mayoritas hasil panen kopi hanya dijual dalam bentuk biji, atau berupa kopi bubuk, sementara jika kita tekun, buah kopi ini mampu diolah menjadi berbagai inovasi untuk menambah penghasilan, seperti dalam bentuk makanan siap saji,” paparnya.

Oleh sebab itu pada agenda KKN itu, kelompok KKN di Pekon Gihamsuka Maju mencoba melakukan inovasi pengolahan biji kopi menjadi makanan seperti kerupuk kopi dan Pai kopi.

“Melalui pembuatan makanan berbahan dasar kopi ini, kami berharap agar bisa diterapkan dan di kembangkan lagi guna meningkatkan pendapatan masyarakat dengan memanfaatkan ciri khas yang dimiliki,” imbuhnya.

Ditambahkan peserta KKN lainnya, Maheas Farda Illa, kerupuk kopi tersebut diolah menjadi dua varian rasa, yakni orginal dan balado. “Bahan dasar pembuatan kerupuk kopi ini tidak terlalu sulit, selain bubuk kopi ada bahan tambahan tepung serta bumbu alami, seperti bawang putih, bawang merah dan ketumbar,” ungkapnya.

Begitu juga ditambahkan Retno Pratiwi, pembuatan makanan bahan dasar kopi tersebut, disosilisasikan para KKN kepada warga pekon yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT), dengan harapan akan muncul inovasi-inovasi baru dalam pemanfaatan biji kopi yang menjadi andalan Kabupaten Lambar, yang dikenal sebagai penghasil kopi robusta. (ius/mlo)



Pos terkait